Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUMI PLC: Nat Rothschild Pertanyakan Kinerja Direktur Keuangan

BISNIS.COM, JAKARTA - Nat Rothschild menyambut baik pengumuman lowongan Direktur Keuangan Bumi Plc saat ini, Scott Merrillees . Menurutnya, sejak Scott menjabat sebagai Direktur Keuangan Berau pada Mei 2012, jajaran direksi Bumi Plc seharusnya menanyakan

BISNIS.COM, JAKARTA - Nat Rothschild menyambut baik pengumuman lowongan Direktur Keuangan Bumi Plc saat ini, Scott Merrillees .

Menurutnya, sejak Scott menjabat sebagai Direktur Keuangan Berau pada Mei 2012, jajaran direksi Bumi Plc seharusnya menanyakan kinerja Scott selama periode itu yang dinilai telah menyesatkan para investor atas kondisi rekening Berau yang sebenarnya.

“Ataukah dia [Scott] memang sebenarnya tidak kompeten? Sepanjang pengetahuan saya, Scott tidak mempunyai pengalaman di operasi tambang dan bukan merupakan anggota badan akuntansi profesional mana pun,” ujar Nat, Rabu (17/4/2013).

Nat juga meminta Julian Horn-Smith selaku Deputy Chairman dan Senior Independent Non Executive Director Bumi Plc untuk mengganti seluruh fungsi kontrol keuangan dengan mereka yang benar-benar sesuai untuk sebuah perusahaan terbuka yang bergengsi (premium-listed company).

Sebelumnya, Nat juga telah menyatakan penemuan transaksi tidak wajar di Bumi Plc telah membuktikan bahwa fungsi keuangan di perusahaan, mulai dari komite audit yang dipimpin Robin Renwick hingga level pengelola keuangan, membutuhkan perbaikan total dan segera.

“Masalah-masalah seperti ini tidak akan bisa diperbaiki selama Chairman, CEO, dan CFO Bumi Plc serta Berau belum diganti dengan yang lebih independen. Kami [Bumi Plc] memiliki 85% saham di Berau tapi tetap gagal mengontrolnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper