Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDEKS BEI: IHSG bisa sentuh angka psikologis 5.000 pada akhir tahun

JAKARTA: PT CIMB-Principal Asset Management memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) akan mencapai faktor psikologis 5.000 tahun ini, atau dapat tumbuh sekitar 15% dari posisi akhir tahun lalu.Kami menilai kondisi pasar makro dunia dan Indonesia

JAKARTA: PT CIMB-Principal Asset Management memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) akan mencapai faktor psikologis 5.000 tahun ini, atau dapat tumbuh sekitar 15% dari posisi akhir tahun lalu.


"Kami menilai kondisi pasar makro dunia dan Indonesia tahun ini tidak akan seberat yang dibayangkan," ujar Direktur Utama CIMB-Principal Reita Fariyanti kepada pers siang ini (31/1/2013).


Menurutnya, faktor positif masih akan disumbangkan oleh konsumsi domestitk dan sumber daya alam di Indonesia yang masih sangat seksi.


Prediksi itu, lanjutnya, juga mempertimbangkan faktor fakta pertumbuhan pasar modal tahun lalu yang masih berhasil positif di tengah kondisi pasar yang awalnya diprediksi negatif.


Direktur CIMB-Principal Fajar Rachman Hidayat menilai secara spesifik prediksi capaian IHSG perusahaan terbagi tiga. Prediksi pesimistis berada di kisaran 4.400--4.700, prediksi moderat 4.700--5.200, dan prediksi optimistis di atas 5.200.


"Semester I tahun ini IHSG akan lebih volatil tetapi pada semester II akan lebih tenang dan bisa meningkat."


Menurutnya, investor pasar modal seperti dana pensiun juga akan menambah porsi investasinya pada efek ekuitas (saham) terkait dengan potensi imbal hasil investasi (yield) efek lain seperti obligasi yang relatif masih rendah, yaitu di sekitar 5%.


Fajar mengatakan sektor pilihan perusahaan tahun ini jatuh pada sektor perbankan, infrastruktur, properti, dan konstruksi.


Namun, dia menuturkan pemilihan saham pada setiap sektor tersebut saat ini dilakukan lebih selektif, baik persubsektor maupun per emiten, karena pilihan yang ada semakin terbatas. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper