Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KASUS BUMI: Nathaniel Rotschild Tak Percaya Hasil Investigasi Independen

JAKARTA: Nathaniel Rothschild tidak percaya terhadap hasil investigasi independen yang dilakukan terhadap Bumi Plc, karena ada campur tangan dan sensor dari perusahaan tercatat di bursa London itu.Rothschild, melalui NR Investments, meminta versi penuh

JAKARTA: Nathaniel Rothschild tidak percaya terhadap hasil investigasi independen yang dilakukan terhadap Bumi Plc, karena ada campur tangan dan sensor dari perusahaan tercatat di bursa London itu.

Rothschild, melalui NR Investments, meminta versi penuh dari hasil investigasi yang dilakukan oleh Macfarlanes terhadap Bumi Plc dan dua aset batu baranya di Indonesia, yaitu PT Bumi Resources Tbk dan PT Berau Coal Energy Tbk. Menurutnya, kebocoran sebagian hasil investigasi merugikan pihaknya.

“Kebocoran muncul dirancang untuk mempermalukan NRI dan Nat Rothschild secara pribadi, bukan untuk menjawab pertanyaan utama penyelidikan Macfarlanes,” ujar juru bicara NR Investments Conal Walsh dalam sebuah email (17/1) tengah malam waktu Jakarta.

Dia menyebutkan tujuan utama penyelidikan itu adalah untuk menjelaskan penyimpangan keuangan yang serius di Bumi, dan menghilangnya aset Perusahaan bernilai “ratusan juta dolar AS”. Oleh sebab itu, sang pendiri Bumi Plc ini meminta versi penuh dari penyelidikan Macfarlanes.

NRI merupakan kendaraan investasi milik Rothschild yang bersama sejumlah pihak terkait saat ini memegang 14,799% hak suara di Bumi Plc, setara dengan 18,214% di rapat umum pemegang saham (RUPS) pada Februari.

Penyelidikan Macfarlanes ditunjuk pleh Bumi Plc pada 24 September setelah seorang whistle blower menemukan informasi dugaan penyimpangan keuangan itu. Bumi Plc saat ini menjadi pusat perpecahan pemegang saham yaitu Rothschild dan Grup Bakrie yang pada 2010 berkongsi dalam transaksi senilai US$3 miliar.

Rothschild telah mengajukan pencabutan 12 dari 14 anggota direksi termasuk Chairman Samin Tan dan mengajukan nama baru termasuk Hashim Djojohadikusumo yang merupakan adik kandung Prabowo Subianto. Perombakan direksi akan dibahas dalam RUPS pada Februari. (bas)(Foto:thetimes.co.uk)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper