MARKET: IHSG Potensi Lanjutkan Kenaikan

 
Gung Panggodo S. | 06 Desember 2012 05:40 WIB

 

Prediksi IHSG, Kamis (6/12)

JAKARTA--Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (6/12) diperkirakan bergerak mixed dengan kecenderungan menguat.

 

Analis Sucorinvest Central Gani, Pang Tek Djen menilai 3 dari 4 indikator teknikal bergerak naik dengan Stochastic Oscillator yang menunjukan golden cross. 

 

"Naiknya IHSG pada perdagangan sebelumnya diikuti oleh kenaikan volume sehingga diperkirakan indeks dapat melanjutkan penguatan," katanya. 

 

Angka support-resistance akan berada di kisaran 4273 – 4301. Adapun saham-saham direkomendasikan tahan (hold) antara lain ASII, ISAT, dan JSMR. Sementara itu, rekomendasi jual (sell) terhadap INDF, INTP, dan SMGR.

 

IHSG pada perdagangan Rabu (5/12) ditutup naik 17,18 poin atau 0,4% di level 4.286,8. Seiring kenaikan tersebut, indeks Bisnis27 juga menguat 1,13 poin atau 0,32% menjadi 358,38.

 

Beberapa saham yang menjadi top gainer antara lain AALI, LMSH, HMSP, GGRM, dan JPFA. Adapun ITMG, UNVR, SCCO, NIPS, dan PTBA terkoreksi cukup dalam dan menjadi saham top loser.

 

Sebagian besar sektor saham terpantau menguat dengan kenaikan tertinggi dipimpin sektor aneka industri dan agri dengan persentase 1,84% dan 1,33%. Sementara sektor konsumer dan infrastruktur tercatat melemah 0,1% dn 0,31%. 

 

Investor asing membukukan jual bersih sebesar Rp553 miliar terhadap saham TLKM, BEST, KLBF, BMRI, dan LPKR. Nilai transaksi perdagangan tercatat sebesar Rp5,6 triliun dengan volume 7,86 miliar saham.

 

Pang Tek Djen menilai penurunan IHSG tidak seiring dengan penguatan mayoritas bursa lain menyusul sentimen positif dari data ekonomi global.

 

"Pemerintah China dikabarkan telah mengijinkan perusahaan asuransi berinvestasi lebih banyak pada perbankan. Di sisi lain, pasar juga berspekulasi tentang data tenaga kerja serta manufaktur di zona euro," jelasnya. (msb)

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Christin Franciska

Editor : Novita Sari Simamora

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup