Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA - PT Centrin Online Tbk berencana menerbitkan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) sebanyak 6,849 miliar lembar saham dengan target perolehan dana segar sebesar Rp684,95 miliar. 
 
Berdasarkan prospektus yang dirilis Senin (26/11/2012) harga pelaksanaan penerbitan saham baru emiten berkode CENT tersebut seharga Rp100 per saham dimana semua saham yang ditawarkan seluruhnya saham baru yang berasal dari portepel. Sementara itu, 92,31% dari total saham ini akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia. 
 
Sebagian besar atau sekitar 43% dana yang akan diperoleh dari penjualan saham baru melalui Penawaran Umum Terbatas (PUT) I ini akan digunakan untuk membeli piutang Windrold atas Retower dan sekitar 36,1% akan ditempatkan untuk modal kerja perseroan.
 
Sementara 15,36% dialokasikan untuk membeli opsi saham dari Winlord, serta sisanya 5,53% digunakan perseroan untuk melaksanakan hak opsi atas saham Retower. Retower merupakan perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi terutama penyediaan situs operasi dan menara
 
Di dalam penerbitan saham baru tersebut, Clover Universal Enterprise Ltd menyatakan kesanggupannya untuk menjadi pembeli siagar dari saham yang akan dikeluarkan dalam penawaran umum terbatas I ini.
 
Apabila setelah memenuhi seluruh pemesanan tambahan dan masih ada sisa saham yang ditawarkan, maka pembelia siaga akan mengambil seluruh saham pada harga pelaksanaan yang sama yaitu Rp100 per saham.
 
Sementara bila pemegang saham tidak melaksanakan haknya untuk membeli saham baru yang ditawarkan sesui porsi per sahamnya, presentase kepemilikan saham dapat perseroan terdelusi sebesar 92,31%. Dengan demikian, Clover Universal Enterprise Ltd setelah proses PUT I kemungkinan besar akan menjadi pemegang saham mayoritas hingga 92,31%
 
Corporate Secretary PT Centrin Online Tbk Janti Kosasih mengatakan bahwa perusahaannya telah menyetujui untuk mengakuisis 100% saham Retower dengan harga Rp104,20 miliar atau US$10,9 juta.
 
Selain itu, emiten penyedia jasa internet ini juga telah menyetujui pengalihan piutang atas Retower kepada Winlord sebesar US$30 juta Senior Secured Facility Agreement tertanggal 3 Agustus antara Retower sebagai peminjam dan Winlord sebagai pemberi pinjaman serta para pemegang saham Retower.
 
Proses akuisisi serta pengambilalihan piutang tersebut telah disetujui berdasarkan penandatangan Master Investment Agreement antara perseroan dengan Winlord Enterprises Ltd pada 23 November 2012.
 
"Dengan demikian jumlah nilai rencana transaksi adalah sebesar Rp432,0 miliar atau US$45,27 juta," ucapnya.
 
Menurutnya, tujuan perseroan melakukan transaksi tersebut ialah agar CENT memiliki anak usaha yang bergerak di bidang jasa pembangunan sarana dan prasarana telekomunikasi. "Kami berharap dapat meningkatkan pendapatan dan memperoleh keuntungan dari usaha yang dijalankan Retower."
 
Namun karena nilai rencana transaksi melebihi 50% dari jumlah ekuitas perseroan sebesar Rp84,2 miliar per 31 Agustus, maka perlu adanya persetujuan RUPSLB yang rencananya akan dilaksanakan pada 11 Januari 2013. (Faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Administrator
Editor : Others

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper