KOMODITAS MINYAKHarga Brent anjlok untuk pertama kalinya

 
News Editor | 30 April 2012 21:01 WIB

 

LONDON: Harga minyak mentah tipe brent menuju penurunan pertama dalam 4 bulanan di tengah kekhawatiran bahwa pemulihan ekonomi Eropa yang berlarut-larut.
 
Harga turun 0,5%, memperpanjang penurunan bulan ini menjadi 2,9%. Penurunan sejalan dengan pernyataan Institute Statistik Nasiona bahwa ekonomi Spanyol terkontraksi pada kuartal pertama, menjadikan negara itu masuk dalam resesi kedua sejak 2009.
 
"Minyak brent mulai minggu ini berada pada wilayah negatif, di tengah kekhawatiran terus-menerus tentang perlambatan permintaan minyak, menyusul buruknya data ekonomi dari Spanyol yang menunjukkan perekonomiannya meluncur kembali ke resesi," Myrto Sokou, analis Sucden Financial Ltd di London.
 
Harga brent untuk penyelesaian Juni berada pada US$119,39 per barel, turun 44 sen, pada bursa ICE Futures Europe di London pukul 9.49 waktu setempat. Harga yang siap untuk penurunan bulanan pertama sejak Desember. 
 
Sementara itu harga minyak mentah untuk pengiriman Juni pada US$104,67 per barel, turun 26 sen, di New York Mercantile Exchange. Harga rebound 1,6% bulan ini setelah penurunan 3,8% pada Maret. (sut)

Sumber : Bloomberg / Taufikul Basari

Tag :
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top