PREDIKSI IHSG: Indeks diproyeksikan lanjutkan penguatan

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 April 2012  |  08:21 WIB

 

JAKARTA: Indeks harga saham gabungan diperkirakan melanjutkan penguatannya pada perdagangan hari ini.

 

Analis Henan Putihrai Securities Hendra Julius mengatakan beberapa indikator teknikal mengindikasikan indeks akan bergerak sideways dengan kecenderungan menguat terbatas hari ini.

 

“Kalau dilihat dari candlestick, indeks membentuk pola bullish harami hari ini [kemarin]. Biasanya ini mengindikasikan indeks akan menguat, tetapi kita masih harus menunggu konfirmasi dulu sampai indeks tembus level 4.193,” jelasnya kepada Bisnis, kemarin.

 

Selain itu, Hendra menambahkan indikator teknikal lain yang perlu diperhatikan pemodal adalah adanya sinyal beli di RSI 7 bar. Indeks juga mengindikasikan penguatan sebab volume rata-rata perdagangan kemarin 1,29 kali dari rerata volume perdagangan selama 22 hari.

 

“Kalau melihat beberapa indikator tersebut, nampaknya indeks akan bagus besok [hari ini]. Hari ini [kemarin], indeks juga menunjukkan level resistance yang cukup kuat di level 4.185,21,” tegasnya.

 

Hendra memprediksi kisaran support—resistance indeks hari ini berada di posisi 4.137—4.190. Jika indeks bisa kembali menembus level 4.185, target support—resistance selanjutnya berada di kisaran 4.202—4.245.

 

Secara teknikal, Hendra merekomendasikan pemodal untuk membeli beberapa saham, a.l BUMI, ITMG, dan BMRI.

 

Untuk sentimen-sentimen yang perlu dicermati pada perdagangan hari ini, Kepala Riset Henan Putihrai Securities Felix Sindhunata menuturkan pemodal masih mengamati pemilu Prancis dan krisis politik di Belanda.

 

Felix memaparkan pergerakan IHSG dan bursa regional hari ini masih akan disetir oleh penutupan bursa Eropa dan Amerika.

 

Pada perdagangan kemarin indeks ditutup menguat 0,4% di level 4.170,35 setelah sempat bergerak di kisaran 4.147,02—4.173,74. Penguatan indeks disokong oleh hijaunya tujuh, dari 10 sektor yang tercatat.

 

Sementara itu, indeks BISNIS-27 tidak mengalami perubahan dengan tetap berada di level 350,607 seperti sebelumnya

 

Ditutupnya indeks di zona hijau juga disebabkan oleh penguatan 151 saham. Sementara itu 125 saham tercatat gugur di zona merah, 95 saham tidak diperdagangkan, dan sisanya 117 saham stagnan.

 

Total volume transaksi kemarin mencapai 5,82 miliar unit saham dengan nilai transaksi sebesar Rp4,47 triliun. Pemodal asing kembali membukukan aksi jual bersih sebesar Rp359 miliar. (spr)

 

>> BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

 

+ Berita Utama BISNIS INDONESIA Hari Ini

+ REKOMENDASI SAHAM Hari Ini

+ HEADLINES MEDIA Hari ini

+ SINGAPORE Allows Indonesian BANK Expansion

+ BCA Closes Units in MALAYSIA

+ BAKRIE Seeks US$100 Million Loan

+ Yuk ke INACRAFT

+ Haahhhh, ORGAN TUBUH TKI dicuri!

+ SKANDAL DPR, lagi-lagi

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Indra & M. Kholikul Alim

Editor : Kahfi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top