Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prospek peringkat Indosat positif

JAKARTA: Lembaga pemeringkat Fitch Ratings tadi malam mengumumkan revisi prospek peringkat jangka panjang dalam mata uang lokal PT Indosat Tbk dari semula stabil menjadi positif.Indosat memiliki peringkat jangka panjang dalam mata uang asing dan lokal

JAKARTA: Lembaga pemeringkat Fitch Ratings tadi malam mengumumkan revisi prospek peringkat jangka panjang dalam mata uang lokal PT Indosat Tbk dari semula stabil menjadi positif.Indosat memiliki peringkat jangka panjang dalam mata uang asing dan lokal pada level BBB-.Perubahan prospek Indosat mencerminkan perbaikan profil kredit perseroan pada tahun lalu dan ekspektasi adanya perbaikan kinerja pada tahun ini.Pada tahun lalu, Indosat membukukan kenaikan pendapatan sebesar 5,2% dan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (earning before interest, taxes, depreciation, and amortization/ebitda) sebesar 9,7%. Selain itu, marjin ebitda naik juga naik sebesar 200 basis poin menjadi 48,6%.Fitch juga memiliki ekspektasi pada tahun ini Indosat akan membiayai belanja modalnya dari arus kas operasi seiring dengan menurunnya beban utang.Perseroan berencana menurunkan jumlah utang sebesar US$200 juta pada tahun ini.Total utang perseroan beserta bunganya hingga akhir 2010 mencapai Rp24 triliun.Tahun lalu, Indosat telah melunasi utang sebesar Rp6,7 triliun. Sebanyak Rp 2,7 triliun dibayarkan ke BCA, DBS, dan Bank Mandiri berupa utang kredit modal kerja. Selain itu, dana sebesar Rp4 triliun dibayarkan untuk utang obligasi yang jatuh tempo 2012.Lembaga pemeringkat ini juga memberikan catatan penting yaitu Indosat memiliki peran penting terhadap perusahaan induknya Qatar Telecom karena berkontribusi pendapatan sebesar 29% pada tahun lalu. Saat ini, Qtel memiliki 65% saham di Indosat. (mmh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper