Harga saham Asia melonjak

SINGAPURA: Harga saham Asia melonjak, membawa Indeks Asia Pasifik MSCI mengalami kenaikan kedua selama sepekan bulan ini, setelah klaim pengangguran AS berkurang di luar perkiraan, sehingga memperkuat kepercayaan bahwa negara dengan ekonomi terbesar
Yanto Rachmat Iskandar | 17 Desember 2010 01:18 WIB

SINGAPURA: Harga saham Asia melonjak, membawa Indeks Asia Pasifik MSCI mengalami kenaikan kedua selama sepekan bulan ini, setelah klaim pengangguran AS berkurang di luar perkiraan, sehingga memperkuat kepercayaan bahwa negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu tengah pulih.

Saham James Hardie Industries SE, penjual terbesar produk bahan rumah di AS, mendaki 1,2% di Sydney. Saham Samsung Electronics Co, yang mendapat 22% penjualan dari Amerika, naik 0,6% di Seoul. Saham Mizuho Financial Group Inc, bank terbesar ketiga di Jepang menurut nilai pasar, menguat 1,3% setelah Nomura Holdings Inc meningkatkan peringkat investsinya.

Kita menyaksikan ekonomi global tengah pulih, ujar Hiroichi Nishi manajer ekuitas di Nikko Cordial Securities Inc di Tokyo.

Indeks Asia Pasifik MSCI menguat 0,3% menjadi 133,72 pada pukul 9:25 di Tokyo, dengan lima saham naik untuk empat saham yang turun. Indeks tersebut tengah menuju kenaikan 0,5% pekan ini. MSCI melonjak hingga titik tertinggi 2,5 tahun tiga hari l;alu saat laporan ekonomi AS mendorong kepercayaan terhadap pemulihan global, meredakan kekhawatiran bahwa krisis Eropa dan kebijakan China untuk menghambat inflasi akan mengganggu pertumbuhan ekonomi.

Indeks Jepang Nikkei 225 sedikit berubah, Indeks Korea Selatan Kospi naik 0,3% dan Indeks Australia S&P/ASX 200 anjlok 0,2%.

Harga saham berjangka dalam Indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah hari ini. Kemarin indeks itu menguat 0,6% menjadi 1.242,87, penutupan tertinggi sejak September 2008, ketika Lehman Brothers Holdings Inc runtuh.

Indeks Asia Pasifik MSCI tahun ini hingga kemarin sudah naik 11%, dibandingkan dengan 11% pada S&P 500 dan 9,3% pada Indeks Eropa Stoxx 600. Saham-saham yang tercatat dalambursa Asia ini bernilai 14,7 kali perkiraan laba rata-rata dalam penutupan perdagangan kemarin, dibandingkan dengan 14,6 kali untuk S&P 500 dan 12,3 kali untuk Stoxx 600. (t04/mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top