Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Belanja Infrastruktur Trump US$1 Triliun, Indeks Stoxx Melesat

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melonjak 1,47% atau 5,45 poin ke posisi 375,69 setelah bergerak pada kisaran 371,52 375,77.
Bursa Eropa menguat./.
Bursa Eropa menguat./.

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham eropa ditutup menguat ke level tertinggi 15 bulan pada hari Rabu, dengan saham perbankan dan konstruksi menguat di tengah optimisme baru atas stimulus ekonomi di Amerika Serikat.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melonjak 1,47% atau 5,45 poin ke posisi 375,69 setelah bergerak pada kisaran 371,52 – 375,77.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menjanjikan belanja infrastruktur senilai US$1 triliun dalam pidatonya di Kongres pada Selasa, sedangkan penjabat Federal Reserve memicu spekulasi kenaikan suku bunga AS bulan ini.

Sektor perbankan, yang mendapatkan keuntungan dari suku bunga yang lebih tinggi dan, ditutup menguat 3% dan menguat paling signifikan di antara sektor lainnya di indeks Stoxx.

"Dorongan pada pasar saat ini (sebagian besar) karena pidato Presiden (AS) di depan Kongres tadi malam," kata Neil Wilson, analis pasar senior ETX Capital, seperti dikutip Reuters.

Juga turut mendorong indeks, survei PMI menunjukkan aktivitas manufaktur zona euro naik ke level tertinggi dalam hampir enam tahun terakhir, serta perkembangan dalam kampanye presiden Prancis.

Indeks CAC Prancis mencapai level tertinggi 15 bulan, sementara indeks DAX Jerman melonjak ke posisi tertinggi 22 bulan, keduanya melonjak hingga 2%.

Emiten bahan bangunan Irlandia, CRH naik 4,5% setelah produsen aspal terbesar dan pemasok beton terbesar ketiga di AS ini mencatat pertumbuhan pendapatan yang kuat.

Sementara itu, saham emiten pertahanan tetap diminati menyusul seruan Trump pada peningkatan belanja militer senilai US$54 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper