Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaminkan Tagihan KPR, BTN Terbitkan KIK EBA Rp1,5 Triliun

Bank pelat merah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menjaminkan tagihan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk penerbitan kontrak investasi efek beragun aset (KIK EBA) senilai Rp1,5 triliun.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bank pelat merah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menjaminkan tagihan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk penerbitan kontrak investasi efek beragun aset (KIK EBA) senilai Rp1,5 triliun.

Kepala Divisi Corporate Secretary BTN Eko Waluyo mengungkapkan perseroan pada Rabu (3/12/2014) telah melaksanakan transaksi sekuritisasi tagihan KPR dengan skema KIK EBA senilai Rp1,5 triliun yang dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia.

"KIK EBA dimaksud bernama EBA DBTN05 yang merupakan sumber pendanaan dari pasar modal dengan sekuritisasi tagihan KPR milik perseroan," ungkapnya dalam keterangan resmi di BEI, Jumat (5/12/2014).

Dia menyebutkan, KIK EBA tersebut memperoleh rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). EBA DBTN05 tersebut merupakan KIK EBA ketujuh atas sekuritisasi tagihan KPR BTN.

EBA DBTN05 terdiri dari seri A1 dengan nilai emisisi A1 bertenor 2,33 tahun dengan bunga 10%. Sedangkan seri A2 memiliki nilai emisi seri A2 bertenor 5,08 tahun dengan bunga 10,25%.

Untuk penerbitan KIK EBA tersebut, emiten berkode saham BBTN itu dibantu oleh PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) sebagai arranger dan pendukung kredit, PT Danareksa Investment Management sebagai manajer investasi dan selling agent.

Kemudian PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. sebagai bank kustodian dan PT Danareksa Investment Management, PT CIMB Securities Indonesia, serta PT BCA Sekuritas bertindak sebagai selling agent.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper