Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Penggendong Indeks Industri hingga Kabinet Dekat Taipan Properti

ASII dan UNTR diperkirakan akan menggendong indeks industri hingga menteri dan wakil menteri yang dekat dengan taipan naga properti.
Karyawati beraktivitas di Main Hall PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (21/10/2024). ASII dan UNTR diperkirakan akan menggendong indeks industri hingga menteri dan wakil menteri yang dekat dengan taipan naga properti menjadi berita pilihan BisnisIndonesia.id. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati beraktivitas di Main Hall PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (21/10/2024). ASII dan UNTR diperkirakan akan menggendong indeks industri hingga menteri dan wakil menteri yang dekat dengan taipan naga properti menjadi berita pilihan BisnisIndonesia.id. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah analis berpandangan emiten berbasis industri yang tergabung ke dalam Indeks IDXINDUST bakal mulai berayun ke zona positif. Dua emiten Astra, yakni PT Astra International Tbk (ASII) dan PT. United Tractors Tbk (UNTR) akan menggendongnya.

IDXINDUST diprediksi mendapat sentimen positif dari program swasembada energi hingga hilirisasi komoditas yang didorong pemerintahan baru, Prabowo-Gibran.

Dilihat dari kinerjanya, indeks industri telah lama mengalami kontraksi seiring dengan tren pelemahan Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia tiga bulan terakhir.

PMI Manufaktur Indonesia September 2024 berada di level 49,2, meningkat tipis dari bulan sebelumnya 48,9.

Artikel tentang emiten yang mendongkrak indeks industri menjadi salah satu berita pilihan BisnisIndonesia.id hari ini, Selasa (22/10/2024). Selain berita tersebut, beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik juga tersaji dari meja redaksi BisnisIndonesia.id. Berikut ulasannya:

 

Wajah Lama, Tuntutan Baru Menteri Ekonomi Prabowo

Sejumlah wajah lama meramaikan menteri bidang ekonomi Kabinet Merah Putih bentukan Presiden Prabowo Subianto. Di balik wajah lama itu, ada tuntutan baru yang sejalan dengan target kabinet.

Wajah lama yang terlihat, salah satunya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Airlangga menempati posisi yang sama pada era Presiden Joko Widodo.

Dalam tugasnya di Kabinet Merah Putih, Airlangga akan berkoordinasi dengan menteri ekonomi lainnya untuk memikul tugas besar di era Prabowo, salah satunya mencapai target pertumbuhan ekonomi 8%.

Di antara menteri ekonomi era Prabowo ini, sejumlah nama di antaranya merupakan nama lama, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

 

Mengandalkan Pertumbuhan Ekonomi dari Luar Jawa

Ekonomi Indonesia sedang mengalami tantangan. Ini terlihat dari pertumbuhan yang melambat. Masih ada sektor yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak ekonomi, yaitu memaksimalkan sumber daya dari luar pulau Jawa.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekonomi Indonesia pada kuartal II/2024 tumbuh 5,05% secara tahunan (YoY). Angka tersebut lebih rendah dari kuartal sebelumnya yang naik 5,11% YoY.

Jika dilihat berdasarkan sebaran wilayah, Maluku dan Papua tumbuh paling tinggi dibandingkan daerah lainnya, yaitu 8,45%. Akan tetapi kontribusinya terhadap ekonomi di Tanah Air yang paling kecil, sebesar 2,70%.

Pertumbuhan paling kecil ada di Sumatra sebesar 4,48% dengan kontribusi terhadap ekonomi Indonesia 22,08%. Kontributor terbesar adalah Jawa dengan 57,05%. Ekonominya naik 4,92%.

 

Dua Emiten Astra (ASII & UNTR) Bakal Gendong Indeks Industri

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) per Jumat (18/102024), IDXINDUST cenderung bergerak minus 1,67%. Angka tersebut jauh berada di bawah kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) yang menguat 6,7% sejak awal tahun.

Kinerja IDXINDUST lebih rendah dari sejumlah indeks lainnya seperti sektor energi, properti, dan kesehatan yang masing-masing mencatatkan penguatan 31,72%, 13,43% dan 17,94% year-to-date.

Sampai perdagangan akhir pekan kemarin, indeks industri hanya menguat minor 0,32% ke level 1.075.

“Kami merekomendasikan saham ASII, UNTR, dan MARK yang mempunyai valuasi masih menarik jika dibandingkan dengan industrinya,” kata Cynthia.

 

Mengenal Pindad MV3 Garuda Limousine, Mobil yang Dipakai Prabowo-Gibran Usai Pelantikan

Pindad memperkenalkan MV3 Garuda Limousine, kendaraan terbaru produksi industri pertahanan dalam negeri yang digunakan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka pada pelantikan di Gedung MPR/DPR RI, Minggu (20/10/2024).

MV3 Garuda Limousine merupakan varian pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain dan dikembangkan berdasarkan arahan dari Presiden RI terpilih Prabowo Subianto.

Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden RI dan turut menyampaikan rasa bangga atas penggunaan MV3 Garuda Limousine dalam momentum bersejarah sebagai kendaraan orang nomor satu di Indonesia.

“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto,” kata Mose dalam keteranganya, Minggu (20/10/2024).

 

Menilik Profil Menteri dan Wamen Perumahan Dekat Dengan Taipan Naga Properti

Presiden Prabowo Subianto memisahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi dua kementerian yang tersendiri yakni, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Sebelumnya, sektor perumahan tanah air diurus oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Adapun Prabowo menunjuk Maruarar Sirait menjadi Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman di Istana Negara, Jakarta, pada Minggu (20/10/2024).

“Maruarar Sirait, Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman,” ujarnya dikutip dari tayangan Youtube, dikutip Senin (21/10/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper