Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Dibuka Terkoreksi, Saham TINS dan ANTM Tetap Naik usai Libur Panjang

Kendati IHSG mengalami koreksi, saham TINS dan ANTM terpantau naik pada pembukaan perdagangan hari ini.
Annisa Kurniasari Saumi,Pandu Gumilar
Selasa, 16 April 2024 | 09:33
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami koreksi 1,57% ke level 7.174 pada pembukaan perdagangan Selasa (16/4/2024). Kendati demikian saham TINS dan ANTM terpantau naik pada pembukaan perdagangan hari ini.

Indeks komposit terkoreksi 107 poin setelah dibuka pada level 7.285. Investor terpantau melakukan 385.585 kali transaksi dengan saham yang beredar mencapai 5,4 miliar. Berdasarkan data RTI perkiraan nilai transaksi itu mencapai Rp5,42 triliun.

Terdapat 395 saham yang menguat, 134 saham yang stagnan dan 102 saham yang mengat. Beberapa saham yang menguat diantaranya adalah TINS sebesar 7,22%, SSIA 7,43% dan ANTM 5,95%.

Chief Executive Officer Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG akan bergerak pada rentang 7.254—7.301 pada perdagangan besok, Selasa (16/4/2024). Dia menuturkan, mengawali pekan ketiga di bulan April setelah libur panjang Idulfitri, IHSG masih terlihat memiliki energi untuk kembali mengalami kenaikan.

"IHSG masih terlihat cukup memiliki energi untuk kembali mengalami kenaikan tentunya setelah berhasil menggeser rentang konsolidasinya ke arah yang lebih baik pada beberapa waktu sebelumnya," tulis William dalam risetnya, Selasa (16/4/2024).

Dia melanjutkan, penguatan IHSG ini juga ditopang oleh beberapa faktor. Faktor tersebut seperti masih tercatatnya capital inflow secara year to date (YtD) ke dalam pasar modal Indonesia. 

Faktor lainnya adalah investor yang menanti rilis data perekonomian, yakni neraca perdagangan yang akan turut memberi warna terhadap pola gerak IHSG pada besok.

Adapun Yugen Bertumbuh Sekuritas menjadikan beberapa saham menjadi top picks pada perdagangan hari ini. Saham-saham tersebut adalah INDF, BBCA, ASII, JSMR, AALI, BSDE, dan PWON.

Di sisi lain, emiten baru IPO PT Atlantis Subsea Indonesia Tbk. (ATLA) resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Selasa (16/4/2024). ATLA melepas sebanyak 1,2 miliar saham baru dalam IPO ini.

Saham ATLA tercatat dibuka menguat 35% ke level Rp135 per saham pada pembukaan perdagangan hari ini atau menyentuh batas auto reject atas (ARA). Sebanyak 707.838 saham ATLA diperdagangkan dengan nilai Rp9,45 miliar pada pagi ini.

Sebagai informasi, ATLA menetapkan harga penawaran umum sebesar Rp100 per saham. Dengan harga ini, jumlah nilai pernawaran umum sebanyak-banyaknya adalah Rp120 miliar.

Direktur Utama ATLA Yophi Kurniawan Iswanto mengatakan IPO ini dilakukan sebagai langkah untuk mendukung sumber pendanaan ATLA dalam memenuhi kebutuhan modal kerja yang diperlukan dalam pelaksanaan kontrak-kontrak yang sudah perseroan dapatkan. 

"Selain itu dana IPO juga digunakan untuk menambah peralatan perseroan untuk menunjang proyek perseroan yang selama ini sebagian besar masih disewa dari pihak ketiga," ujarnya, Selasa (16/4/2024).

--------------

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper