Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bapanas: Pemerintah Pastikan Jaga Stok Beras 2 Juta Ton Hingga Juni 2024

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa pemerintah akan berkomitmen dalam menjaga ketersediaan beras di angka 2 juta ton.
Buruh mengangkut karung beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Buruh mengangkut karung beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa pemerintah akan berkomitmen dalam menjaga ketersediaan beras di angka 2 juta ton.

Sebelumnya, Arief menekankan bahwa stok beras di Bulog akan terus dipantau agar tetap berada di angka 1,2 juta ton hingga Juni 2024. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar ketersediaan beras bisa berada di angka 2 juta ton.

“Sebelumnya 1,2 juta ton ini harus dijaga menjadi di atas 2 juta ton, sehingga produksi dalam negeri jadi penting. Salah satu upayanya ada benih pupuk pompanisasi itu untuk mendorong produksi dalam negeri,” ujarnya kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (19/3/2024).

Kendati demikian, dia tak menutup kemungkinan apabila pemerintah akan kembali membuka keran import untuk menjaga ketersediaan stok beras berada di angka yang telah ditentukan.

Dia pun memerinci potensi Negara-negara yang akan dituju untuk impor beras berasal dari Thailand, Vietnam, dan Kamboja

Sejauh ini, Arief mengatakan bahwa jumlahnya beras impor yang sudah masuk berada dikisaran 500.000 ton—1 juta ton. Adapun, dia melanjutkan bahwa beras yang akan masuk dalam waktu dekat ini berada di angka 1,6 juta ton.

“Itu bisa iya bisa tidak tergantung panen kita. Ketersediaan itu tentunya kami memprioritaskan produksi dalam negeri. Namun, kalau memang dirasakan perlu dilakukan pengadaan [import] dari Luar Negeri itu  akan dilakukan tapi merupakan alternatif terakhir,” pungkas Arif.

Sebelumnya, pemerintah menambah  kuota impor beras sebanyak 1,6 juta ton, dari sebelumnya 2 juta ton pada 2024. Dengan demikian, total kuota impor beras untuk tahun ini mencapai 3,6 juta ton. 

Arief menyampaikan, Indonesia harus memiliki cadangan pangan pemerintah (CPP) dalam rangka mengantisipasi kekurangan pangan, gejolak harga pangan, bencana alam, hingga keadaan darurat. 

“Jadi ini yang namanya early warning system. Jangan udah kejadian kita nggak punya stok, atau baru nyari-nyari [stok beras],” kata Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper