Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Motor Listrik Indika (INDY) Raih Pinjaman Rp689 Miliar dari Investor

Para investor yang ikut berinvestasi di bisnis motor listrik Indika Energy (INDY) termasuk Horizon Ventures, Alpha JWC III, dan Brama One Ventures.
Alva One, motor listrik produksi Indika Energy/Istimewa.
Alva One, motor listrik produksi Indika Energy/Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indika Energy Tbk. (INDY) melalui tiga entitas anak perusahaan telah melakukan penandatanganan dengan para investor untuk peningkatan modal di bisnis kendaraan listrik. Pinjaman tersebut senilai US$45 juta atau Rp689,62 miliar (asumsi kurs Rp15.325 per dolar AS).

Berdasarkan keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI) perjanjian tersebut diteken oleh tiga anak usaha INDY, yaitu PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI), PT Indika Energy Infrastructure (IEI) dan PT Ilectra Motor Group (IMG) pada 17 Agustus 2023.

Adapun, para investor yang berinvestasi di bisnis motor listrik INDY terdiri dari Horizon Ventures, Alpha JWC III, LP dan/atau afiliasinya, HH-CTBC Partnership. LP, dan Brama One Ventures Limited terkait rencana investasi mereka di IMG.

"Rencana transaksi ini akan terdiri dari, antara lain peningkatan modal dalam IMG oleh SMI dan IEI serta pemberian pinjaman yang dapat dikonversikan kepada IMG oleh para investor, dengan jumlah mencapai US$45 juta atau jumlah lain yang setara dalam rupiah," ujar Corporate Secretary INDY, Adi Pramono dikutip Senin, (21/8/2023).

Dia mengatakan, tanggal jatuh tempo dari pinjaman yang dapat dikonversikan rencana transaksi ini adalah 19 Mei 2028, dan dapat diperpanjang sampai dengan atau sebelum 19 Mei 2032.

Adi menambahkan, penyelesaian dari rencana transaksi masih bergantung pada pemenuhan persyaratan oleh para pihak sebagaimana diatur dalam berbagai perjanjian dan persyaratan yang ditargetkan untuk dipenuhi dalam 30 hari kalender setelah tanggal penandatanganan perjanjian-perjanjian.

"Rencana transaksi dalam perseroan selaras dengan strategi diversifikasi perseroan khususnya dalam rangka ekspansi sektor usaha kendaraan listrik dan menyediakan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia," pungkas Adi.

Sebagai informasi, PT Ilectra Motor Group (IMG) merupakan entitas INDY yang menaungi bisnis motor listrik Indika. Adapun, INDY meluncurkan motor listrik Alva One secara perdana pada ajang GIIAS 2022 yang digelar Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper