Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

United Tractors (UNTR) Targetkan Penjualan Komatsu Hybrid 100 Unit 2023

United Tractors (UNTR) menargetkan penjualan hybrid excavator Komatsu 365-1 sebanyak 100 unit pada 2023, dan telah terjual 69 unit hingga akhir Juni 2023.
Alat berat merek Komatsu. Istimewa
Alat berat merek Komatsu. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten kontraktor tambang PT United Tractors Tbk. (UNTR) menargetkan penjualan sebanyak 100 unit Komatsu HB365-1 atau excavator hybrid pada 2023. 

Marketing Division Head United Tractors Etot Listyono mengatakan pihaknya menargetkan penjualan 100 unit excavator hybrid Komatsu di tahun ini. Hingga akhir Juni 2023, penjualan excavator hybrid Komatsu ini telah mencapai 69 unit.

"Potensi pasar dengan adanya concern terhadap ESG, kami masih optimistis akan banyak lagi penjualan untuk tahun depan karena akan memberikan benefit bagi perusahaan untuk menurunkan emisi karbondioksida," kata Etot dalam Handover Ceremony Komatsu HB365-1 di Kanto United Tractors, Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Menurutnya, penetrasi market dari produk hybrid ini tidak hanya di PT Kalimantan Prima Persada (KPP), tetapi juga PAMA Group, non-PAMA Group, di sektor nikel, dan tambang emas. UNTR menawarkan produk ini ke seluruh pelanggan yang memiliki concern terhadap ESG.

Sementara itu, Sales Division Head United Tractors Chandra Kosasih mengatakan untuk customer UNTR, struktur biaya yang paling besar saat ini ada pada bahan bakar. Menurutnya, excavator hybrid akan memberikan solusi untuk menurunkan konsumsi bahan bakar. 

Akan teapi, lanjut Chandra, pihaknya masih memiliki masalah karena ekskavator ini adalah alat pertama. Dengan demikian, UNTR masih membutuhkan waktu memperkenalkan produk ini ke pelanggan. 

Pihaknya meyakini setelah diperkenalkan dan benar-benar terbukti apa yang dijanjikan, maka potensi pasar untuk hybrid excavator ini menurutnya sangat besar. 

"Tahun ini kami rencananya menjual 100 unit dulu secara konservatif. Secara tahunan mungkin akan meningkat penjualan hybrid excavator ini," ujar Chandra.

Chandra menuturkan UNTR memberikan jaminan standar selama 1 tahun untuk unlimited hours dan perpanjangan jaminan 4 tahun atau 20.000 jam untuk komponen hybrid secara gratis. 

Selain itu, UNTR juga menawarkan perpanjangan jaminan Preventive Maintenance Package (PMP) terhadap komponen utama di luar hybrid komponen hingga 4 tahun atau 15.000 jam. 

Sebagai informasi, Komatsu 365-1 akan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan pergerakan mengayun dan putaran engine untuk menghasilkan energi elektrik yang disimpan di kapasitor melalui inverter. Energi yang disimpan tersebut digunakan kembali untuk pergerakan mengayun dan membantu perputaran mesin.

Hal ini membuat unit menjadi lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar karena beban kerja mesin berkurang. Menurut UNTR, Komatsu 365-1 dapat menghemat bahan bakar hingga 17 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper