Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Diprediksi Mixed, Simak Saham Pilihan Ajaib Sekuritas Hari Ini

IHSG diprediksi mixed di rentang 6.625 hingga 6.695 pada perdagangan hari ini, Selasa (27/6/2023). Ajaib sekuritas rekomendasikan saham ARTO, PTMP dan MYOR.
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA —  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi mixed di rentang 6.625 hingga 6.695 pada perdagangan hari ini, Selasa (27/6/2023). Meski begitu, saham ARTO, PTMP dan MYOR layak dicermati hari ini.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih menjelaskan pada perdagangan Senin (26/6/2023) IHSG ditutup menguat sebesar 0,38 persen atau naik 24,9 poin di level 6.664. 

“IHSG hari ini diprediksi bergerak mixed dalam range 6.625 –6.695,” katanya dalam riset harian. 

Gerak IHSG hari ini dipengaruhi oleh beberapa katalis, di antaranya dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) mencatat likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) mencapai Rp8.332,3 triliun pada Mei 2023. Posisi M2 tersebut tumbuh 6,1 persen YoY, lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 5,6 persen YoY. 

Performa ini didorong oleh pertumbuhan uang kuasi dan komponen uang beredar dalam arti sempit (M1) yang masing-masing tumbuh 9,9 persen YoY dan 3,4 persen YoY. Adapun faktor utama perkembangan M2 pada Mei 2023 dipengaruhi oleh meningkatnya penyaluran kredit yang tercatat tumbuh sebesar 9,4 persen YoY, naik dibandingkan April 2023 yang tumbuh sebesar 8,1 persen YoY.

Dari mancanegara, perhitungan awal data HCOB Manufacturing PMI di Kawasan Eropa pada Juni 2023 turun 1,2 poin dari bulan sebelumnya menjadi 43,6, dibawah dari perkiraan pasar sebesar 44,8. 

“Ini mencerminkan kontraksi selama sebelas bulan berturut-turut dan yang tertajam dalam tiga tahun terakhir akibat dampak melonjaknya bunga pinjaman di Eropa,” kata Ratih. 

Dari Asia, Indeks indikator utama ekonomi Jepang, yang mencakup berbagai data, seperti output pabrik, tenaga kerja, dan penjualan ritel, direvisi lebih rendah menjadi 97,3 pada April 2023 dari bulan sebelumnya sebesar 99,4. Investor turut mencermati momentum pemulihan ekonomi berkelanjutan oleh Pemerintah Jepang yang baru-baru ini menurunkan klasifikasi COVID agar setara dengan flu musiman. 

Berkut rekomendasi saham dari Ajaib Sekuritas Hari Ini :

ARTO

Buy                      : 3220

TP                        : 3320

Stop loss             : <3140

Secara teknikal ARTO dalam trend penguatan jangka pendek membentuk pola long body candle pada perdagangan terakhir dan mampu breakout pergerakan rata-rata (5,20,50) hari. Hal ini juga tercermin dari peningkatan volume secara signifikan. 

PTMP

Spec Buy / Hold : 103

TP: 107

Stop loss: <100 

Secara teknikal PTMP dalam struktur pembentukan bullish engulfing candle, mencoba menguji pergerakan rata-rata 20 hari disusul penguatan dari sisi volume serta MACD histogram pada area positif.

MYOR

Spec. Buy / Hold : 2600

TP: 2680

Stop loss: <2550              

Struktur pergerakan MYOR membentuk doji candle pada pergerakan terakhir, bertahan dalam major tren sideways dan berpotensi kembali menguji resisten psikologis sejalan dengan peningkatan volume dan oscillator pada area oversold.

____

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper