Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Otoparts (AUTO) Serap Capex Rp133 Miliar Kuartal I/2023, Rambah Segmen Kendaraan Listrik

Astra Otoparts (AUTO) menyebutkan hingga kuartal I/2023 perseroan telah menyerap Rp133 miliar belanja modal atau capex dari Rp500 miliar yang dianggarkakan.
Astra Otoparts (AUTO) menyebutkan hingga kuartal I/2023 perseroan telah menyerap Rp133 miliar belanja modal atau capex dari Rp500 miliar yang dianggarkakan./astra.co.id
Astra Otoparts (AUTO) menyebutkan hingga kuartal I/2023 perseroan telah menyerap Rp133 miliar belanja modal atau capex dari Rp500 miliar yang dianggarkakan./astra.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten produsen komponen otomotif PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO), anak usaha PT Astra International Tbk. (ASII) menyebutkan hingga akhir Maret perseroan telah menyerap Rp133 miliar dari total belanja modal atau capital expenditure (capex) Rp500 miliar yang telah dianggarkan tahun 2023 ini.

Direktur AUTO Wanny Wijaya menyebutkan, belanja modal tersebut dipergunakan diantaranya untuk menjajaki peluang bisnis di segmen kendaraan listrik, salah satunya dengan menyediakan fasilitas infrastruktur pengisian daya mobil listrik melalui Astra Otopower.

"Saat ini kami sudah turut menunjang infrastruktur EV melalui fasilitas pengisian daya Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai [KBLBB] roda empat Astra Otopower, sambil terus memantau perkembangan terkait EV, baik itu demand, infrastruktur, dan insentif-insentif yang diberikan oleh pemerintah," kata Wanny kepada Bisnis dikutip Senin, (5/6/2023).

Meski permintaan masyarakat terhadap kendaraan listrik (electric vehicle/EV) masih relatif rendah, perseroan tetap menyiapkan sejumlah strategi untuk menyambut tren kendaraan listrik di masa depan. 

"Hingga saat ini demand masyarakat terhadap EV masih relatif kecil. Hal ini terlihat dari jumlah penjualan EV di tahun 2022 hingga April 2023 masih di kisaran 0-1 persen dari total penjualan mobil di Indonesia, meski pemerintah sudah memberikan program insentif," kata Wanny.

Perseroan, lanjutnya, masih akan terus menambah outlet untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik. Oleh karena itu, Astra Otoparts menganggarkan belanja modal alias capex sebesar Rp500 miliar tahun ini.

"Tahun ini kami menganggarkan capex Rp500 miliar untuk capex rutin yang menunjang produktivitas perseroan. Pada kuartal I/2023, sekitar Rp133 miliar telah dipergunakan untuk menunjang produktivitas tersebut," tambah Wanny.

Adapun, terkait target pertumbuhan pendapatan dan laba yang dibidik perseroan tahun ini, AUTO tidak menjelaskan dengan detail. Perseroan hanya menyebut target akan mengacu pada target asosiasi seperti Gaikindo dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

"Target kinerja bisnis manufaktur kami tahun ini masih akan mengacu pada target asosiasi, baik Gaikindo maupun AISI. Sedangkan untuk bisnis trading juga masih akan mengacu pada pertumbuhan Produk Domestik Bruto [PDB] Indonesia dan unit in operation," pungkas Wanny.

Sebagai informasi, Gaikindo mematok target penjualan mobil Indonesia mencapai 975 ribu unit pada 2023. Sedangkan target penjualan sepeda motor AISI tahun ini sebanyak 5,8 juta unit.

Sementara untuk penjualan mobil listrik murni (BEV) berdasarkan data Gaikindo, Indonesia hanya mampu melego 1.285 unit pada April 2023. Padahal mobil listrik BEV telah diberi relaksasi insentif PPN-DTP sebanyak 10 persen dari pemerintah.

Sementara itu, penjualan mobil listrik hibrida atau Hybrid Electric Vehicle (HEV) di Indonesia pada April 2023 mencapai 2.265 unit atau naik 63 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper