Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai Rugi pada 2022, Indofarma (INAF) Pasang Target Laba Rp5,1 Miliar pada 2023

Emiten BUMN farmasi, PT Indofarma Tbk. (INAF) menargetkan pendapatan sebesar Rp1,86 triliun dan laba Rp5,1 miliar untuk 2023.
Emiten BUMN farmasi, PT Indofarma Tbk. (INAF) menargetkan pendapatan sebesar Rp1,86 triliun dan laba Rp5,1 miliar untuk 2023. /indofarma.id
Emiten BUMN farmasi, PT Indofarma Tbk. (INAF) menargetkan pendapatan sebesar Rp1,86 triliun dan laba Rp5,1 miliar untuk 2023. /indofarma.id

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten BUMN farmasi, PT Indofarma Tbk. (INAF) menargetkan pendapatan sebesar Rp1,86 triliun dan laba Rp5,1 miliar untuk 2023. Hal ini berarti Indofarma memasang pendapatan tumbuh 63,36 persen dan membalikkan rugi Rp428,46 miliar menjadi laba.

Direktur Utama Indofarma Agus Heru Darjono mengatakan demi mencapai target tersebut emiten plat merah tersebut akan melakukan perubahan strategi dari a Business-to-Consumer (B2C) menjadi Business-to-Business (B2B). Strategi ini akan diterapkan dengan pola kerjasama dalam proses produksi maupun pemasaran.

“Kita akan lakukan kita lebih ke B2B yang dimana kita bisa meng-attract perusahaan-perusahaan yang lain yang tidak punya fasilitas manufacturing yang cukup,” ujar Agus dalam paparan publik, Rabu (31/5/2023).

Dia menjelaskan dalam strategi ini perusahaan lain dapat menggunakan fasilitas manufaktur dari Indofarma. Hal ini lantaran Indofarma memiliki kapabilitas pabrik yang besar. 

Kapabilitas pabrik tersebut tercermin dari utilisasi pabrik yang saat ini hanya mencapai 24 persen sampai 25 persen. Adanya B2B tersebut diharapkan dapat meningkatkan utilisasi hingga 60 persen sampai akhir 2023.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Indofarma Kamelia Faisal mengatakan salah satu contoh dari prinsip B2B tersebut adalah dengan pengembangan produk natural ekstrak. Nantinya produk ini dapat disalurkan kepada perusahaan yang sudah memiliki banyak channel.

“Mereka dapat memesan kepada kami untuk membuat ekstra atau produk jadi yang akan dikembangkan ke produk tertentu,” tuturnya.

Kemudian Indofarma juga memiliki strategi untuk menggunakan produk yang sudah ada hak paten menjadi brand untuk dikembangkan bersama UMKM. Strategi ini juga telah menggandeng Smesco yang berada di bawah naungan Kementerian Koperasi dan UKM.

Indofarma juga berupaya untuk melakukan pembagian pengetahuan dengan bekerja sama pada beberapa perusahaan untuk membuat alat kesehatan lokal sampai rentang 2024-2025. Nantinya perusahaan yang bekerjasama akan diserap dari sisi penjualan.

Dalam laporan keuangan per 31 Desember 2022, Indofarma mencatat penurunan penjualan sebesar 60 persen menjadi Rp1,14 triliun dari sebelumnya Rp2,90 triliun. Sementara beban pokok penjualan ikut turun dari Rp2,45 triliun menjadi Rp1,25 triliun pada tahun lalu.

Setelah ditambah dengan beban penjualan, beban umum dan administrasi, serta kerugian lain-lain maka rugi usaha INAF pada 2022 tercatat Rp479,54 miliar, setelah pada tahun sebelumnya mencetak laba usaha Rp51,98 miliar.

Rugi tahun berjalan 2022 naik menjadi Rp428,49 miliar dari periode sebelumnya Rp37,47 miliar.

Adapun nilai rugi yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk adalah Rp428,46 miliar, naik dari kerugian periode 2021 yang mencapai Rp23,81 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper