Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Hari Ini Tertekan Dolar AS, Investor Abaikan Pesan The Fed

Harga emas berisiko tertekan dolar AS seiring dengan optimisme investor terhadap kenaikan pagu utang AS, dan mengabaikan pesan The Fed lewat FOMC Minutes.
Harga emas berisiko tertekan dolar AS seiring dengan optimisme investor terhadap kenaikan pagu utang AS, dan mengabaikan pesan The Fed lewat FOMC Minutes. /logammulia.com
Harga emas berisiko tertekan dolar AS seiring dengan optimisme investor terhadap kenaikan pagu utang AS, dan mengabaikan pesan The Fed lewat FOMC Minutes. /logammulia.com
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas berisiko tertekan dolar AS seiring dengan optimisme investor terhadap pembahasan kenaikan pagu utang Amerika Serikat. Investor saat ini mengabaikan hasil FOMC Minutes semalam yang mengindikasikan dovish terkait suku bunga The Fed.

"Harga emas spot bergerak melemah US$17,64 ke level US$1.957,07 di hari Rabu (24/5/2023), tertekan oleh naiknya dolar AS sebagai safe haven di tengah pembahasan debt ceiling AS, Acuhkan FOMC Minutes Meeting semalam," jelas tim analis Monex Investindo Futures dalam publikasi risetnya.

Keraguan pasar setelah masih tertahannya kesepakatan debt ceiling AS semalam telah mengangkat dolar AS sebagai aset aman, karena kekhawatiran default di AS akan berimbas buruk terhadap ekonomi global mereda. Hal itu menyebabkan pelaku pasar melepas posisi beli emas yang sebelumnya sempat naik ke level tinggi US$1.984,99 kemarin.

Pengamat ekonomi ternama dari CNBC, Jim Cramer, menyebutkan akan terjadi kekacauan ekonomi sebelum pemerintah AS mencapai kesepakatan debt ceiling seperti yang pernah terjadi di tahun 2011 lampau, karena sikap para pejabat yang meremekan risiko dari default pada tanggal 1 Juni mendatang.

Sementara laporan Federal Open Marcet Committee (FOMC) Minutes Meeting di jam 01:00 WIB tadi malam mengindikasikan mayoritas pejabat The Federal Reserve untuk mempertahankan kebijakan moneter pada pertemuan Juni nanti. Sentimen itu sedikit menopang harga emas setelah perilisan notula rapat, tetapi gagal mengembalikan minat pasar sepenuhnya terhadap logam mulia.

Pagi hari ini di sesi Asia, Monex memprediksi harga emas berisiko bergerak turun dibayangi masih naiknya dolar AS.

Dari dalam negeri, harga emas 24 karat cetakan Antam di Pegadaian terpantau tidak berubah pada Kamis (25/5/2023), sementara untuk cetakan UBS terpantau naik pada hari ini.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Pegadaian, harga emas Antam 24 karat ukuran terkecil yakni 0,5 gram dibanderol seharga Rp593.000, atau tak bergerak dibandingkan harga Rabu, (24/5/2023). Emas cetakan UBS 24 karat dengan ukuran yang sama dibanderol Rp557.000 atau naik Rp4.000 dibandingkan dengan harga kemarin.

Kemudian, emas cetakan Antam 24 karat ukuran 1 gram, Pegadaian menjual dengan harga Rp1.083.000 atau sama dengan harga kemarin. Sementara emas UBS ukuran sama dibanderol seharga Rp1.037.000 atau naik Rp7.000 dibandingkan harga kemarin.

Simak pergerakan harga emas hari ini secara live.

10:35 WIB
Harga emas bervariasi

Pukul 10.33 WIB, harga emas spot naik 0,02 persen atau 0,43 poin menjadi US$1.957,59 per troy ounce.

Harga emas Comex kontrak Agustus 2023 terkoreksi 0,3 persen atau 5,9 poin menuju US$1.977,2 per troy ounce.


Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper