Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Hari Ini Bergerak Mixed, Pilih Saham ADRO, ARTO & EXCL

Ajaib Sekuritas memprediksi IHSG hari ini akan bergerak mixed dalam range 6.760– 6.825.
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (12/9/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (12/9/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak di rentang 6.760 hingga 6.825 pada perdagangan hari ini, Kamis (11/5/2023). Gerak IHSG hari ini dipengaruhi oleh rilis data survei eceran Bank Indonesia dan inflasi AS. 

Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih mengatakan pada perdagangan kemarin IHSG ditutup menguat sebesar 0,47 persen atau naik 31,92 poin di level 6.811,90.

“IHSG hari ini diprediksi bergerak mixed dalam range 6.760– 6.825,” katanya dalam riset harian, Kamis (11/5/2023). 

Adapun sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini di antaranya dari dalam negeri Bank Indonesia melaporkan hasil survei Penjualan Eceran pada Maret 2023 yang tercatat sebesar 215,3, secara periode tahunan meningkat 4,9 persen YoY, tumbuh dibanding periode sebelumnya yang tercatat 0,6 persen YoY.

Peningkatan tersebut dipicu oleh penjualan kelompok makanan yang tumbuh 9,4 persen YoY, minuman yang tumbuh 1,1 persen YoY, barang budaya dan rekreasi tumbuh 17,3 persen YoY. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kinerja penjualan eceran pada Maret 2023 berada pada fase ekspansi.

Dari mancanegara, berdasarkan data Departemen Tenaga Kerja AS, Indeks Harga Konsumen (IHK) atau Inflasi Amerika Serikat pada periode April 2023 tercatat kembali melandai yakni 4,9 persen YoY, lebih rendah dibanding periode sebelumnya pada level 5 persen YoY.

Dalam periode bulanan, inflasi Amerika Serikat tercatat tumbuh 0,4 persen MoM, meningkat dibanding bulan sebelumnya yang tercatat di level 0,1 persen MoM. Adapun core inflation tercatat di level 0,4 persen MoM, level yang sama dengan periode sebelumnya dan sesuai dengan konsensus yakni 0,4 persen MoM.

Seiring dengan prediksi gerak IHSG dan sentimen yang menyertainya, beberapa saham menjadi pilihan Ajaib Sekuritas, yaitu:

ADRO

  • Buy : 2.940
  • TP  : 3030
  • Stop loss: <2.870
  • ADRO berpotensi reversal dari bearish jangka pendek membentuk inverted hammer. Stochastic oscillator bergerak naik dan MACD bar histogram melemah terbatas.

ARTO

  • Buy : 2.340
  • TP  : 2.420
  • Stop loss: <2.220
  • ARTO bullish diatas MA-5 dan MA-20, berpotensi lanjutkan penguatan dengan membentuk pola double bottom. MACD bar histogram positif dan MACD line bergerak naik.

EXCL

  • Buy : 1900
  • TP  : 1.960
  • Stop loss: <1.850
  • EXCL reversal dari fase bearish membentuk rounding bottom, diatas MA-5 dan MA-20. MACD bar histogram positif dan MACD line bergerak naik

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper