Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Bersih Naik Tajam, Ini Cara Mayora (MYOR) Pertahankan Kinerja

Emiten makanan dan minuman PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) membukukan lesatan laba bersih pada kuartal pertama 2023.
Kantor PT Mayora Indah Tbk./mayora
Kantor PT Mayora Indah Tbk./mayora

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten makanan dan minuman PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) membukukan lesatan laba bersih pada kuartal pertama 2023. Harga bahan baku yang lebih landai daripada tahun lalu dan meningkatnya volume penjualan menjadi faktor pendorong kinerja positif ini.

Berdasarkan laporan keuangan kuartal I/2023 yang belum diaudit, MYOR mengantongi laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp727,71 miliar. Capaian itu naik 137,64 persen dibandingkan dengan kuartal I/2022 sebesar Rp306 miliar.

Kenaikan laba dinikmati MYOR di tengah pertumbuhan penjualan sebesar 11,42 persen year on year (YoY) dari Rp7,58 triliun menjadi Rp8,45 triliun. Kenaikan penjualan ini lebih besar daripada kenaikan beban pokok penjualan yang hanya meningkat 3,42 persen YoY menjadi Rp6,13 triliun dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp5,93 triliun.

Penjualan di pasar domestik meningkat 8,54 persen YoY menjadi Rp4,91 triliun pada kuartal I/2023, dari Rp4,52 triliun tahun sebelumnya. Di sisi lain, peningkatan penjualan di pasar Asia mencapai 14,31 persen YoY menjadi Rp3,32 triliun dibandingkan dengan Rp2,90 triliun di kuartal I/2022.

“Profitabilitas di kuartal pertama 2023 lebih baik daripada tahun lalu karena peningkatan permintaan serta harga bahan baku yang sudah melandai dibandingkan dengan rata-rata harga pada 2022,” tulis manajemen Mayora kepada Bisnis, Jumat (5/5/2023).

Beban bahan baku yang dibukukan Mayora selama kuartal I/2023 memang cenderung stagnan dan dipertahankan di level Rp4,72 triliun. Pos beban ini hanya naik 0,03 persen dibandingkan dengan kuartal I/2023.

Manajemen Mayora menyatakan akan melanjutkan program yang telah ada untuk mempertahankan kinerja, terlebih dengan puncak festive season Ramadan dan Lebaran yang telah berlalu. Penjualan Mayora di semester kedua tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan semester pertama dalam dua tahun terakhir.

“Salah satu programnya adalah iklan dan promosi di televisi, bahkan untuk produk unggulan seperti Roma Kelapa yang menunjuk aktor Korea Selatan Lee Min Ho sebagai bintang iklan,” lanjut manajemen.

Aktifnya promosi dan iklan Mayora setidaknya tecermin pada laporan kuartal I/2023. Pos ini tercatat meningkat 1,38 persen YoY menjadi Rp772,42 miliar dibandingkan dengan Rp761,94 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper