Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hermina (HEAL) Siapkan Capex 1,2 Triliun untuk Bangun 4 Rumah Sakit

PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) menyiapkan capex senilai Rp1 triliun hingga Rp1,2 triliun untuk penambahan 3-4 rumah sakit.
RS Hermina Kemayoran. PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) /herminahospital.com
RS Hermina Kemayoran. PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) /herminahospital.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten rumah sakit, PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) menyiapkan capex senilai Rp1 triliun hingga Rp1,2 triliun untuk penambahan 3-4 rumah sakit termasuk yang akan berlokasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Medikaloka Hermina Aristo Sungkono Setiawidjaja mengatakan untuk capex yang disediakan akan digunakan untuk tiga elemen seperti pembangunan rumah sakit, penambahan jumlah tempat tidur, dan penambahan alat kesehatan untuk menangani penyakit kompleks.

“Jumlahnya sekitar Rp1 triliun hinga Rp1,2 triliun,” katanya dalam acara Jasa Utama Capital Sekuritas, Selasa (28/2/2023).

Penambahan rumah sakit ditargetkan sebanyak 3 hingga 4 rumah sakit, sementara itu untuk tempat tidur ditargetkan penambahan sebanyak sekitar 700 tempat tidur.

Penambahan rumah sakit yang ditargetkan tersebut termasuk juga rumah sakit yang direncanakan berada di lokasi IKN.

Direktur Operasional Medikaloka Hermina Yulisar Khiat mengatakan untuk dua rumah sakit sudah pasti akan diresmikan. Rumah sakit itu berada di Ciawi, Jawa Barat dan Aceh.

“Yang ketiga kami sedang menunggu PP (Peraturan Pemerintah) untuk IKN sebagai dasar regulator untuk menunjuk atau memberikan perizinan pendirian rumah sakit,” katanya.

Hermina yang berkomitmen mendukung pemerintah, sehingga ketika regulasinya sudah terbit dan pihaknya mendapat kesempatan, kata Yulisar, mereka siap dalam melaksanakan penambahan.

Sementara itu, saat ini telah ada satu rumah sakit yang akan diakuisisi oleh Hermina dan sedang dalam tahap evaluasi.

“Jika sudah Actionable kita akan publikasi,” katanya.

Aristo Sungkono menyebutkan kriteria rumah sakit yang akan diakusisi yaitu memiliki single unit operator. Selain itu, menurutnya akuisisi dilakukan pada rumah sakit yang perlu kondisinya perlu ditingkatkan.

“jadi memang dari segi akuisisi, kita beli di harga yang sangat kompetitif, karena perlu di skill up,” imbuhnya.

Saat ini, Hermina telah memiliki 45 rumah sakit dengan kategori Rumah Sakit Umum (RSU) di 31 kota di Indonesia.

Delapan RSU telah berstatus Tipe B dan 37 RSU lainnya termasuk dalam Tipe C, seluruhnya dengan total 6.200 tempat tidur. Saat ini, 1 Rumah sakit Hermina telah memiliki 1 akreditasi KARS dengan kategori International, Rumah Sakit Hermina telah memiliki akreditasi KARS dengan kategori Paripurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper