Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GOTO Kebut Profit, Eks Menteri Keuangan dan Bos Bank Indonesia Ditunjuk Jadi Komisaris

PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk. (GOTO) menominasikan Agus D.W. Martowardojo sebagai salah satu komisaris
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk. (GOTO) menominasikan Agus D.W. Martowardojo sebagai salah satu komisaris baru. Namanya muncul dalam dokumen Pemanggilan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Sebagaimana diketahui Agus Marto adalah mantan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia. Di luar karir pemerintahan, Agus Marto pernah memimpin korporasi raksasa hasil merger. Misalnya, Bank Permata dan Bank Mandiri.

Sebagai informasi, Agus Marto saat ini menjabat Komut BNI, sejak 20 Februari 2020. Dia juga Komut Tokopedia, sejak 10 Januari 2019. Bankir kelahiran Amsterdam, 24 Januari 1956 itu selama ini dikenal sebagai bankir dengan integritas tinggi dan pemegang teguh prinsip Good Corporate Governance (GCG). 

Agus Marto mengawali karier sebagai bankir di Bank of America pada 1984 dan Bank Niaga 1986. Dia juga pernah memimpin Bank Bumiputera 1995-1998. Talentanya sebagai bankir semakin terasah ketika Bank Exim Indonesia yang dipimpinnya sejak 1998 merger ke Bank Mandiri bersama tiga bank pemerintah lainnya, yakni BBD, BDN, dan Bapindo. 

Karier Agus di perbankan melesat setelah dipercaya menjadi Dirut Bank Permata pada 2002-2005 dan Dirut Bank Mandiri pada 2005-2010. Adapun Menteri Keuangan padq 2010-1023 dan Gubernur BI pada 2013-2018.

Selama berkarier di perbankan Agus dikenal sebagai bankir yang saklek berpegang pada tiga prinsip: trust, integritas, dan profesional. Tiga prinsip inilah yang membuatnya berhasil menyelesaikan berbagai pemasalahan, baik saat memimpin Bank Bumiputera, Bank Permata, maupun Bank Mandiri. 

Sementara itu, Direktur Utama Goto Gojek Tokopedia Andre Soelistyo menyatakan bergabungnya Agus Marto menjadi Komisaris diharapkan bisa menaikkan level GCG perseroan.

Menurutnya sosok Agus Marto adalah yang paling tepat untuk mengisi posisi tersebut.

 “Sebuah kehormatan bagi kami menyambut pencalonan Agus Martowardojo sebagai Komisaris GoTo. Bapak Agus adalah sosok yang tidak asing lagi bagi kami, setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Tokopedia. Wawasan dan pengalaman Bapak Agus yang begitu luas sebagai pemimpin yang andal dan dihormati di sektor swasta serta rekam jejak yang teruji selama masa kepemimpinannya di Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia, akan sangat berharga dalam memandu GoTo melangkah menuju fase selanjutnya, yakni membawa bisnis kami menuju profitabilitas," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper