Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Berambisi BUMN Mampu Cetak Laba US$10 Miliar

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir laba konsolidasi per akhir tahun 2022 bisa mencapai US$10 miliar.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir /Bisnis-Akbar
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir /Bisnis-Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimistis BUMN bisa terus mencetak pertumbuhan dengan menargetkan laba konsolidasi per akhir tahun 2022 bisa mencapai US$10 miliar.

Erick menyampaikan hal tersebut dalam acara State Owned Enterprises (SOE) International Conference sebagai ajang untuk menginformasikan kepada komunitas internasional terkait upaya Kementerian BUMN menjadi lebih transparan sebagai bagian dari komitmen keterbukaan informasi publik.

Sejak 2019, Kementerian BUMN telah melakukan transformasi perusahaan dan progres sampai saat ini sudah mencapai 80 persen.

“Target kami berikutnya dalam satu setengah tahun ke depan adalah untuk mendorong transformasi BUMN bisa mencapai 100 persen sesuai target,” jelasnya dalam SOE International Conference di Nusa Dua, Bali, Senin (17/10/2022).

Erick menyampaikan rasa bangganya setelah kerja keras tiga tahun terakhir memberikan hasil yang signifikan.

"Untuk pertamakalinya juga, pada periode kepemimpinan saat ini, Kementerian BUMN menerbitkan Laporan Keuangan Agregrasian yang menjadi langkah awal menuju penerapan good corporate governance yang lebih baik," imbuh Erick.

Kinerja perusahaan BUMN mengalami perbaikan yang signifikan, pertama dari pendapatan BUMN naik 18,8 persen dari 2020-2021 yang mana pada 2021 sudah mencapai Rp2.295 triliun, atau US$160 miliar.

Selanjutnya, laba konsolidasi naik 838,2 persen yang sebelumnya Rp13 triliun atau US$892 juta pada 2020 dan sekarang 2021 sekitar US$9 miliar atau Rp124,7 triliun.

“Kami yakin pada 2022, laba konsolidasi akan naik hingga lebih dari US$10 miliar, total aset BUMN sekitar US$630 miliar atau sekitar Rp8.978 triliun atau 53 persen GDP Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, transformasi BUMN juga terwujud dari perkembangan pada keterlibatan perempuan dan anak muda yang membaik. Kepemimpinan perempuan di jajaran direksi naik ke 15 persen dan pimpinan muda 5 persen pada 2021.

“Pada 2022 naik lagi dengan pemimpin perempuan 18,7 persen dan pemuda 8 persen. Angka ini sudah hampir mencapai target pemimpin perempuan 25 persen dan anak muda 10 persen pada 2023,” jelasnya.

Hasil transformasi BUMN mengindikasikan bahwa dari berbagai kebijakan yang dibentuk dan upaya yang dilakukan sudah berada di jalur yang benar dan perlu dilanjutkan agar BUMN dapat menjalankan perannya sebagai value creator dan agent of development secara lebih optimal, serta memberikan manfaat nyata bagi negara dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper