Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 4 Investasi Saham Jangka Panjang ala Felicia Putri Tjiasaka

Ada beberapa saham yang layak dikoleksi untuk jangka panjang, bahkan hingga seumur hidup. Simak rekomendasi saham dari Felicia.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 04 Juli 2022  |  15:36 WIB
Ini 4 Investasi Saham Jangka Panjang ala Felicia Putri Tjiasaka
Rekomendasi saham yang layak dijadikan investasi jangka panjang

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam memilih investasi saham yang bagus itu tidak mudah, apalagi dengan saham yang memiliki jangka waktu yang panjang. Kemampuan menganalisis dan kecermatan tentunya menjadi faktor untuk mencapai pemilihan saham yang tepat, untuk itu simak berikut beberapa informasi investasi jangka panjang dari Felicia Putri Tjiasaka yang merupakan Investment Storyteller.

Investment Storyteller ini menurut Felicia adalah seseorang yang membahas dunia investasi dengan cerita, alih-alih hanya menggunakan angka dan data sebagai penyampaian informasi dari investasi, Felicia lebih memilih menggunakan penyampaian yang bercerita atau mengobrol agar mudah dipahami saat membahas dunia investasi atau finansial ini.

Lalu, Investment Storyteller, Felicia dengan dua orang temannya Timothy Ronald dan Raymond Chin membuat platform belajar yang sudah terkenal dengan bahasan finansial dan investasi agar dapat mudah dipahami banyak orang, yaitu Ternak Uang.

Sebelumnya, Felicia menjelaskan terlebih dahulu mengenai tiga kriteria saham yang memiliki jangka waktu panjang untuk seumur hidup yang diunggah dalam konten YouTube nya pada Minggu (15/5/2022), diantaranya :

Maintain High Barrier of Entry

Perusahaan yang menjadi market leader biasanya memiliki sesuatu yang beda dengan perusahaan lain dan kuat, karena dalam suatu industri ini biasanya akan memerlukan tingkat kepercayaan yang tinggi sehingga membuat perusahaan pendatang baru sulit untuk berkembang.

Compounding And Sustainable Growth

Perusahaan yang menjadi market leader juga menguasai sebagian besar market dan menjaga tingkat pertumbuhannya, dikatakan bahwa pertumbuhan perusahaan yang ideal adalah pertumbuhannya melebihi pertumbuhan ekonomi nasional juga pertumbuhan rata-rata industrinya. 

Sustainable Profitability 

Dalam poin ketiga ini berkesinambungan dengan poin kedua, karena jika pertumbuhan terus melesat akan tetapi tidak memiliki keuntungan maka hal itu tidak ada artinya, karena perusahaan harus punya rencana monetisasi yang jelas dan bisa membuat keuntungan sembari menjaga tingkat pertumbuhannya. 

Simak 3 investasi jangka panjang ala Ala Felicia Putri Tjiasaka, diantaranya:

1. BCA atau BRI

BCA atau BRI menjadi rekomendasi dari Felicia sebagai saham yang memiliki jangka waktu yang panjang. Alasannya, kedua bank ini memiliki kapitalisasi pasar terbesar pertama dan kedua di Indonesia. Emiten bersandi saham BBCA dan BBRI ini juga sudah berdiri puluhan tahun sehingga tingkat kepercayaan masyarakat sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, BRI juga merupakan bank pemerintah terbesar dan sektor keuangan sangat penting dalam mendorong perekonomian negara, yang artinya apa pun yang terjadi pada BRI maka besar kemungkinan pemerintah akan membantu.

Alasan kedua, adalah dari tingkat pertumbuhannya BCA atau BRI. Dari sumber data persentase household debt to GDP ratio yang mencerminkan seberapa banyak utang rumah tangga di Indonesia yang memiliki angka yang sangat rendah dibanding negara lain seperti China 62 persen, Amerika Serikat 78 persen, Thailand 90 persen dibanding Indonesia yang hanya 17,2 persen akan memiliki kesempatan dalam pertumbuhan kredit di Indonesia kedepannya.

Alasan yang ketiga, adalah profitability. Dalam hal keuntungan, kedua bank ini memiliki tingkat pertahanan yang tinggi saat krisis pada 2020 dan cenderung cepat bangkit dibanding dengan yang lain dan jika dilihat dari rekam jejak dalam kurun waktu 1,5,10 dan 20 terakhir kedua bank ini memiliki rekam jejak yang bagus.

Risiko Investasi Saham di BCA atau BRI

• Persaingan dengan bank digital dan fintech yang saling memberikan benefit luar biasa kepada customer, seperti lewat promo, cashback dan diskon. Serta berkembangnya teknologi blockchain yang sangat disruptif akan bisa menjadi ancaman untuk BCA dan BRI di masa yang akan datang.

• Selain memiliki keuntungan menjadi bank pemerintah, BRI juga sewaktu-waktu akan mendapat keputusan yang merugikan dari pemerintah karena bertujuan sebagai bank yang melayani masyarakat disamping sebagai bank yang mencari keuntungan.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi rekomendasi saham bri bca
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top