Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Laba Bersih Widodo Makmur (WMUU) Melesat, Daging Ayam Jadi Pemicu

PT Widodo Makmur Unggas Tbk. (WMUU) tercatat membukukan laba bersih tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk hingga Rp209,26 miliar.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 18 April 2022  |  10:45 WIB
Laba Bersih Widodo Makmur (WMUU) Melesat, Daging Ayam Jadi Pemicu
Direktur Utama PT Widodo Makmur Unggas (WMU) Ali Mas'adi(ketiga dari kiri) dan Komisaris Utama WMU Tumiyana (ketiga dari kanan) bersama jajaran manajemen berpose usai due dilligence meeting IPO perseroan. - WMU
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Widodo Makmur Unggas Tbk. (WMUU) tercatat membukukan laba bersih tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk hingga Rp209,26 miliar. Salah satu faktor pendorongnya yakni penjualan karkas.

Research Analyst Mirae Asset Sekuritas Emma Almira Fauni menjelaskan, di kuartal IV tahun 2021 lalu WMUU membukukan kinerja laba bersih Rp65 miliar year-on-year (yoy), naik 210 persen melampaui estimasi analis dan konsensus.

Jika dilihat dari segmen bisnisnya, WMUU tumbuh sebesar 171 persen yang sebagian besar digerakkan oleh segmen karkas yang mencatatkan pertumbuhan 210 persen yoy.

 “Di kuartal IV ini ada penurunan gross margin di seluruh segmen termasuk segmen karkas, kemungkinan disebabkan oleh meningkatnya harga bahan baku pakan ternak, day old chicken (DOC) dan juga broiler,” papar Emma dalam Morning Meeting Mirae Asset Sekuritas, (18/4/2022).

Emma melanjutkan, segmen karkas diperkirakan masih akan terus menggerakkan pertumbuhan laba bersih dan penjualan WMUU. Profitabilitas karkas dinilai paling tinggi di antara segmen lainnya.

 “Karena segmen ini berkontribusi 98,5 persen terhadap consolidated revenue WMUU. Kami perkirakan masih ada pertumbuhan top line maupun bottom line di tahun 2022,” imbuh Emma.

Sebagai catatan, penjualan produk ayam DOC dan broiler juga turut mengalami peningkatan. Ayam DOC tercatat meningkat 12,58 persen yoy dan broiler sebesar 21,02 persen yoy. Keduanya berkontribusi pada penjualan senilai total Rp188,84 miliar.

Sedangkan penjualan produk pakan dan telur tercatat meningkat masing-masing sebesar 51,55 persen yoy dan 1,59 persen yoy. Total kontribusi kedua produk tersebut pada penjualan perseroan sebesar Rp223,89 miliar.

Perseroan menargetkan akan menambah kapasitas produksi di akhir 2023 mendatang dengan tambahan 24.000, dari kapasitas saat ini sebesar 13.500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

laba bersih Kinerja Emiten mirae Widodo Makmur Unggas
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top