Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip Jejak ESG pada Aktivitas CSR Telkom Indonesia

ESG (environment, social, and governance) menjadi bentuk komitmen perusahaan yang masuk dalam rencana bisnis berkelanjutan di mana semua aktivitas bisnis selalu memperhatikan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola yang baik.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 06 April 2022  |  08:00 WIB
Foto: dok. Telkom Indonesia
Foto: dok. Telkom Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA — Penerapan ESG kian penting bagi perusahaan karena adanya kebutuhan bisnis berkelanjutan dan komitmen berkontribusi lebih bagi masyarakat. Perusahaan yang berkomitmen pada ESG memiliki nilai lebih di mata investor. 

Pasalnya, ESG (environment, social, and governance) menjadi bentuk komitmen perusahaan yang masuk dalam rencana bisnis berkelanjutan di mana semua aktivitas bisnis selalu memperhatikan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola yang baik.

Kendati memiliki pengertian yang lebih luas, jejak implementasi ESG nampak dalam berbagai aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR). Melalui aktivitas CSR, perusahaan menunjukkan komitmen untuk berkontribusi memperbaiki lingkungan dan sosial masyarakat.

PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk. (Telkom) misalnya dalam banyak aktivitas CSR memberi penekanan pada aspek lingkungan (environment) dan pemberdayaan masyarakat (social). Sebagai perusahaan teknologi, Telkom memberikan sentuhan digital pada setiap aktivitas CSR-nya. 

Foto: dok. Telkom Indonesia 

Kontribusi Telkom untuk Lingkungan

Pada aspek lingkungan, Telkom menghadirkan inisiatif digital pada program restorasi dan konservasi hutan. Kepedulian itu berkaca dari data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mencatat hampir 14 juta hektare (ha) lahan kritis di Tanah Air.

Telkom menghadirkan digitalisasi melalui teknologi Geographic Information System (GIS) dan geo tagging untuk memonitor lahan tanam dan pengawasan secara digital. Dengan GIS pertumbuhan tanaman dapat dipantau secara lebih baik.

GIS mempunyai kelebihan yakni mampu meningkatkan data inventarisasi hutan dan dapat memudahkan perbaikan kondisi hutan. GIS dapat melakukan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang, memperkirakan pertumbuhan hutan, melakukan pendataan jumlah dan jenis pohon, serta melakukan pelaporan perkembangan tumbuh kembang hasil reboisasi secara berkala. 

Adapun, geo tagging bisa membantu mapping dan monitoring lokasi dari jarak jauh. Telkom telah mendistribusikan bantuan restorasi dan konservasi berbasis digital ke seluruh Indonesia. 

Foto: dok. Telkom Indonesia 

Tumbuh Bersama Masyarakat

Pada aspek sosial, Telkom mengusung semangat tumbuh bersama masyarakat. Telkom melalui Leap-Telkom Digital menghadirkan Agree, layanan digital yang berperan dalam pengembangan ekosistem pertanian secara digital.

Agree menjadi solusi dari hulu hingga hilir pertanian dan terbuka untuk berkolaborasi dengan seluruh stakeholder membentuk ekosistem yang terintegrasi dari petani, pemodal, offtaker, asuransi dukungan pemerintah hingga teknologi.

Tercatat lebih dari 45 ribu petani dan lebih dari 100 perusahaan agribisnis tergabung dalam ekosistem Agree. Agree tidak hanya bergerak di sektor pertanian, tapi juga sektor perikanan dan peternakan.

Salah satu UMKM binaan Telkom ialah Rumah Kopi JR Coffee yang berhasil mengembangkan usaha sekaligus turut memberdayakan masyarakat lokal. Awalnya, JR Coffee menjalankan usaha dengan 8 tenaga kerja dan proses produksi dari roasting hingga pengemasan masih dilakukan secara manual.

JR Coffee kemudian bergabung menjadi mitra binaan Telkom pada 2007 dan mendapatkan bantuan pinjaman modal usaha. Modal tersebut dimanfaatkan untuk pembelian mesin yang meningkatkan efektifitas produksi hingga 1 ton per bulan demi memenuhi permintaan pasar, sekaligus memperluas jangkauan pemasaran.

Senior General Manager Community Development Center Telkom Hery Susanto mengatakan digitalisasi telah menjadi sebuah kebutuhan penting. Pada saat PSPB, sektor UMK tetap mampu memberikan kenaikan pada pemanfaatan e-learning, e-Commerce, literasi digital dan lainnya.

Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi, katanya, konsisten terus mengakselerasi pemerataan konektivitas sehingga seluruh masyarakat bisa memanfaatkan akses Internet untuk kebutuhan sehari-harinya, termasuk dalam menjalankan usaha.

"Kontribusi Telkom ini merupakan upaya untuk menjadikan teknologi digital yang bermanfaat untuk semua orang, sejalan dengan semangat kami #DigitalUntukSemua demi menjadikan Indonesia yang lebih baik," tutup Hery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom tlkm telkom indonesia
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top