Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Nasabah Ajaib Diminta Jual Saham di Pasar Nego, Ini Penjelasan Ajaib Sekuritas

Ajaib Sekuritas mendapatkan laporan mengenai adanya penawaran penjualan sejumlah saham yang dipegang oleh nasabah melalui pasar negosiasi.
PT Ajaib Sekuritas menggandeng aktor pemeran Han Ji-Pyeong dalam serial Start-Up itu sebagai brand ambassador.
PT Ajaib Sekuritas menggandeng aktor pemeran Han Ji-Pyeong dalam serial Start-Up itu sebagai brand ambassador.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Ajaib Sekuritas Asia, pengelola aplikasi trading saham Ajaib, membuka suara mengenai ramainya pembicaraan di media sosial terkait adanya nasabah yang ditawari menjual saham yang dipegangnya di pasar negosiasi.

Mengutip akun twitter @ajaib_investasi, sekuritas ini mendapatkan laporan mengenai adanya penawaran penjualan sejumlah saham yang dipegang oleh nasabah melalui pasar negosiasi.

Cuitan tersebut bermula dari akun @SocialiteGhibah yang menyebutkan adanya permintaan dari Customer Experience Ajaib Group yang menawarkan nasabah menjual kepemilikan sahamnya melalui pasar negosiasi.

"Sumpah ini ajaib weird banget @ajaib_invesatasi... Takut yang ada," ungkap cuitan akun @SocialiteGhibah, dikutip Jumat (11/2/2022).

Cuitan tersebut turut menyertakan dua foto sebagai bukti keanehan tersebut. Foto pertama berisi Customer Experience Ajaib Group yang menawarkan penjualan saham KINO melalui pasar nego.

Dalam foto disebutkan kebutuhan membeli saham KINO sebanyak 62.800 lembar dan sang nasabah memiliki saham tersebut dengan jumlah lembar yang mencukupi dan menawarkan Rp4.574 per lembar saham. (Hingga penutupan kemarin, harga saham KINO berada di level 3.600 per lembar)

Foto kedua berupa tangkapan layar chat mengenai tawaran menjual saham PTPP di harga 1.310 per lembar saham karena Ajaib membutuhkan 810 lot. Sedangkan, sang nasabah memegang 2.000 lot saham. Tawaran tersebut didapatkan melalui panggilan telepon.

Nah, menjawab fenomena tersebut, Ajaib Sekuritas melalui twitternya meminta nasabah tidak perlu khawatir. Pasalnya, hal tersebut memang merupakan tawaran yang diajukan oleh Ajaib Sekuritas.

Ajaib Sekuritas menjelaskan tawaran tersebut merupakan bentuk pemanfaatan pasar negosiasi. Pasar negosiasi adalah tempat perdagangan efek (saham) yang dilakukan melalui proses tawar menawar secara individu atau negosiasi secara langsung. Namun, proses jual beli tetap harus melalui perusahaan sekuritas.

Adapun, mekanisme pasar negosiasi yang dijelaskan Ajaib Sekuritas sebagai berikut. Pertama, menghubungi broker untuk pengajuan penawaran dan pembelian saham. Kedua, broker akan menginformasikan permintaan investor ke kantor pusat.

Ketiga, sekuritas akan menginisiasi penawaran saham kepada investor lain dengan cara menghubungi investor secara langsung. Keempat, jika ada yang berminat broker akan menghubungi investor yang mengajukan transaksi sebelumnya.

"Dalam proses penawaran tersebut, tidak ada unsur paksaan dalam bertransaksi serta broker atau sekuritas tidak akan meminta investor mengeluarkan biaya apapun," terangnya.

Kemudian, Ajaib menjelaskan saat ini sedang menjalankan transaksi jual beli di pasar negosiasi dan di akhir hari semua transaksi akan dikirimkan Trade Confirmation sebagai bukti transaksi.

Selain itu, Ajaib juga menjamin tidak ada kebocoran data dan tidak akan pernah meminta nasabah melakukan pembayaran apapun. Investor pun diminta berhati-hati juga ada yang menghubungi dan meminta transfer dana atau data pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper