Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adaro Indonesia Kucuri Pinjaman ke Anak Usaha US$300 Juta

Perjanjian pinjaman ini merupakan salah satu investasi yang akan memberikan tingkat pengembalian yang sehat kepada Adaro Indonesia.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 27 Januari 2022  |  20:47 WIB
Kegiatan pertambangan batu bara di wilayah operasional PT Adaro Energy Tbk. - adaro.com
Kegiatan pertambangan batu bara di wilayah operasional PT Adaro Energy Tbk. - adaro.com

Bisnis.com, JAKARTA - Anak usaha PT Adaro Energy Tbk. (ADRO), PT Alam Tri Abadi (ATA) dan PT Adaro Indonesia (AI) melakukan transaksi afiliasi senilai US$300 juta.

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), kedua anak usaha perseroan ini menandatangani perjanjian pinjaman pada 25 Januari 2022. Adaro Indonesia memberikan pinjaman kepada Alam Tri Abadi sampai dengan senilai US$300 juta.

"Fasilitas pinjaman tersebut akan digunakan oleh ATA untuk tujuan investasi dan tujuan korporasi lainnya," kata Manajemen Adaro Energy, Kamis (27/1/2022).

Pinjaman ini memiliki bunga LIBOR ditambah 3,42 persen per tahun. Tanggal jatuh tempo dari pinjaman ini adalah pada 31 Desember 2028.

Manajemen menjelaskan, ATA melakukan perjanjian pinjaman dengan AI untuk merealisasikan rencana pertumbuhan yang berkesinambungan, dengan perseroan yang akan secara langsung melakukan eksekusi dan terlibat langsung dalam komitmen investasi yang dibutuhkan perseroan dan grup di masa yang akan datang.

Di sisi lain, manajemen menyebut AI saat ini memiliki tingkat profitabilitas yang sangat baik. Oleh karena itu, manajemen melihat perjanjian pinjaman ini merupakan salah satu investasi yang akan memberikan tingkat pengembalian yang sehat kepada AI dan juga memberikan pengaruh positif pada profit AI ke depan.

"Perjanjian pinjaman juga akan memberikan nilai positif bagi kedua pihak dan mendukung tujuan perseroan sehubungan dengan pengembangan bisnis, serta memaksimalkan tingkat pengembalian bagi AI," tutur manajemen.

Manajemen melanjutkan, ATA dan AI senantiasa memastikan adanya kajian profil risiko, diversifikasi investasi yang baik, serta memantau dan melakukan penyeimbangan portofolio investasi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pinjaman adaro energy emiten batubara
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top