Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telkom (TLKM) Kucuri Pinjaman ke Telkomsat, Investasi Satelit HTS

Manajemen TLKM menyebutkan, shareholder loan sejumlah Rp132 miliar kepada Telkomsat ini memiliki tenor selama 7 tahun dengan grace period 3 tahun dan bunga sebesar JIBOR 3 bulan ditambah 2,5 persen.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 21 Januari 2022  |  10:32 WIB
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. - tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. - tlt.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) terus mengucurkan investasi pada bisnis satelit High Throughput Satellite (HTS).

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen Telkom mengatakan, perseroan memberikan shareholder loan kepada anak usahanya, PT Telkom Satelit Indonesia atau Telkomsat. Pemberian shareholder loan ini bertujuan untuk memuluskan investasi Telkomsat pada satelit HTS.

"Dana shareholder loan akan digunakan Telkomsat untuk membiayai sebagian dari keseluruhan kebutuhan pendanaan untuk investasi satelit tersebut," kata Manajemen Telkom, dikutip Jumat (21/1/2022).

Manajemen menjelaskan, shareholder loan sejumlah Rp132 miliar kepada Telkomsat ini memiliki tenor selama 7 tahun dengan grace period 3 tahun dan bunga sebesar JIBOR 3 bulan ditambah 2,5 persen.

Manajemen menjelaskan, sebagian dari total kebutuhan pendanaan investasi satelit rencananya juga akan dipenuhi melalui pinjaman eksternal.

"Atas pertimbangan proses pendanaan, maka kebutuhan pembiayaan tahap awal dipenuhi dengan shareholder loan," ujar manajemen.

Lebih lanjut, Telkom menuturkan proses pengadaan satelit HTS dari tahap pembangunan hingga menduduki posisinya membutuhkan waktu lebih dari dua tahun.

Meski demikian, emiten berkode saham TLKM ini berharap Telkomsat dapat memberikan beberapa value ke perseroan melalui sinergi operasi pemenuhan kebutuhan bandwith dari satelit eksisting, kontribusi kinerja Telkomsat terhadap konsolidasi, dan dividen dari usaha eksisting.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN telkom Kinerja Emiten satelit
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top