Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menyambut 2022, Ajinomoto Terus Berkomitmen Tingkatkan Harapan Hidup Sehat dan Mengurangi Dampak Lingkungan

Ajinomoto berkontribusi untuk keluarga Indonesia dalam peningkatan hal makanan, kesehatan dan kehidupan yang bermanfaat.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 06 Januari 2022  |  13:30 WIB
Menyambut 2022, Ajinomoto Terus Berkomitmen Tingkatkan Harapan Hidup Sehat dan Mengurangi Dampak Lingkungan
Keterangan foto: Gedung Kantor Ajinomoto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rasa “umami” ditemukan lebih dari seabad yang lalu oleh Dr Kikunae Ikeda. Beliau menemukan bahwa komponen utama umami adalah asam glutamat, salah satu dari asam amino.

“Menciptakan bumbu yang enak dengan harga terjangkau dan mengubah makanan sederhana namun bergizi menjadi makanan lezat”- ini merupakan cita-cita Dr Ikeda yang menyebar ke seluruh dunia hingga Indonesia. Menjalani usianya yang lebih dari setengah abad, PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) semakin memperkuat komitmennya mendampingi masyarakat Indonesia dalam  memberikan yang terbaik walaupun berada di tengah pandemi.

Hadir di Indonesia sejak 1969, Ajinomoto berkontribusi untuk kesehatan yang lebih baik bagi keluarga Indonesia dengan membuka kekuatan dari asam amino untuk mengatasi masalah makanan dan kesehatan yang terkait dengan dietary habits and aging melalui kontribusi untuk peningkatan dalam hal makanan, kesehatan dan kehidupan yang bermanfaat.

Berpegang pada nilai Ajinomoto Share Value (ASV) yang berfokus pada pilar: health and well being, food resources, dan global sustainability Ajinomoto semakin mengembangkan diri melalui berbagai inovasi produk dan layanan. Melalui slogan globalnya “Eat Well, Live Well’, Ajinomoto terus memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Langkah Ajinomoto untuk Indonesia Hijau 

Tak hanya produk makanan, Ajinomoto juga terbukti tetap berkomitmen menjaga lingkungan. Salah satu pabrik Ajinomoto di Mojokerto berhasil mengurangi penggunaan air hingga 35% yang kemudian mengembangkan inisiasi pemeliharaan lingkungan melalui Peningkatan Pengelolaan Air Limbah (Waste Water Management Improvement).

Bukan hanya itu, pabrik yang berada di Jawa Timur ini juga selalu menerapkan kegiatan reduce, reuse, recovery, dan recycle untuk sebagian besar aktivitas pabrik.

Untuk udara yang lebih baik, Ajinomoto berpartisipasi dalam menurunkan tingkat emisi karbon di Indonesia dengan mengurangi 38.500 ton CO2 (emisi karbon) dengan mengurangi konsumsi bahan bakar seluruh transportasi di tempat kerja, memangkas penggunaan tenaga listrik, dan mengatasi kebocoran uap pada peralatan produksi. Seperti yang kita tahu, emisi karbon merupakan salah satu penyumbang pencemaran udara yang berdampak buruk pada kesehatan manusia dan lingkungan. 


Keterangan foto: Paper Packaging #UmamiUntukBumi (dok. Ajinomoto)

Kesehatan lingkungan sekitar menjadi hal terpenting dari tahun ke tahun, karena kualitas hidup manusia sangat bergantung dari seberapa bersihnya ekosistem di sekitar. Jumlah sampah plastik yang dari tahun ke tahun kian menumpuk menjadi masalah yang harus dituntaskan berbagai pihak.

Menyoroti masalah ini, Ajinomoto juga turut mengambil langkah konkrit. Brand AJI-NO-MOTO®, yang lekat dengan keseharian keluarga Indonesia, ikut berkontribusi mengatasi permasalahan penumpukan sampah plastik dengan mengurangi hingga 30% penggunaan material plastik di kemasannya. Pengurangan penggunaan material plastik juga diikuti oleh Brand Masako secara bertahap mulai Oktober 2021.

Bukan hanya mengurangi penggunaan material plastik pada kemasan saja, namun Masako juga melakukan pengurangan plastik pada bagian header part. Gerakan Masako no inner plastic dan take out header part ini jika dibandingkan dengan packaging sebelumnya, dapat mengurangi penggunaan plastik sebesar 8.4%.

Sisa proses produksi Monosodium Glutamate (MSG) juga dikembangkan Ajinomoto menjadi berbagai produk alternatif, contohnya pakan ternak (Fermented Mother Liquor/FML) dan pupuk daun (AJIFOL). Selain memproduksi produk samping ini, Ajinomoto juga berupaya membantu para petani dalam melakukan penyemprotan pupuk cair AJIFOL dengan menggunakan teknologi drone sebagai salah satu cara efektif dan efisien terhadap penggunaan air, sumber daya manusia, dan penghematan biaya guna mendukung budi daya pertanian berkelanjutan.

Setelah melalui uji coba, pengaplikasian teknologi drone terbukti sangat efisien dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit per hektar dengan jumlah air berkisar 16 liter per hektar, dibandingkan secara manual yang membutuhkan waktu sekitar setengah hingga 1 hari dengan jumlah air sekitar 200 liter per hektar.

“Selain berkomitmen  membantu memperpanjang usia harapan hidup sehat sebanyak 1 miliar orang di seluruh dunia, Ajinomoto juga terus memantapkan langkahnya dalam perbaikan lingkungan sekitar, dengan berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan hingga 50%. Kami yakin bahwa dengan langkah kolektif serta kolaborasi tim yang baik adalah hal penting dalam merealisasikannya. Kami  berharap, langkah yang kami tempuh dapat menginspirasi dan memicu berbagai pihak untuk turut serta dalam pemeliharaan lingkungan sekitar. Langkah ini kami tempuh semata bukan hanya untuk kepentingan saat ini, tetapi juga demi kebahagiaan dan kesehatan keluarga Indonesia di masa depan”, ujar Shinichi Matsumoto – Presiden Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA.

Dukungan Ajinomoto untuk Prestasi Anak Bangsa

Indonesia bukan hanya memiliki sumber daya alam yang kaya, namun Indonesia juga patut berbangga atas prestasi sumber daya manusianya. Prestasi anak muda Indonesia juga patut diacungi jempol. Mengapresiasi prestasi cemerlang anak bangsa, mulai 2017 Ajinomoto menghadirkan program Winning Meals Program Kachimeshi (WMP). Melalui Program WMP, Ajinomoto setia mendukung persiapan I Gede Siman Sudartawa (Siman) – atlet renang nasional mulai 2017 hingga saat ini, melalui bantuan makanan bergizi seimbang. 


Keterangan foto: Winning Meals Project (WMP) (dok. Ajinomoto)

Program WMP ini berhasil membantu menurunkan kadar lemak Siman dengan tetap menjaga tingkat energi, sehingga dapat membawa hasil baik dalam rekor renangnya. Program ini telah membuktikan bahwa makanan bergizi seimbang adalah kunci untuk mencapai fisik yang unggul.

Inisiasi Ajinomoto dalam Bidang  Kesehatan dan Edukasi

Bagi Ajinomoto, nutrisi yang baik adalah hal besar yang menjadi sorotan dan merupakan modal penting bagi pertumbuhan generasi masa depan.

Anak Indonesia membutuhkan nutrisi yang baik dan lengkap untuk tumbuh. Dengan nutrisi yang lengkap, perkembangan mental dan fisik anak Indonesia akan bertambah baik, sehingga dapat tumbuh menjadi bangsa yang kuat. School Lunch Program (SLP) menjadi salah satu inisiasi kami dalam rangka mencegah masalah malnutrisi pada anak-anak. Kami menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB), dan menggelar program SLP yang kami laksanakan di pesantren penerima program. Melalui program tersebut, kami mendapatkan hasil yang positif dengan adanya perbaikan gizi para santri. Tidak berhenti disana, kami juga bekerja sama dengan Dept. Gizi Masyarakat IPB & Kementerian Agama RI untuk menghadirkan buku panduan SLP yang berisikan edukasi gizi, tips pelaksanaan program, dan berbagai aplikasi menu lezat bergizi seimbang”, ujar Matsumoto.

Lebih dari satu dekade Ajinomoto telah berkontribusi mendukung anak bangsa untuk melanjutkan studi di Negeri Sakura. Melalui Ajinomoto Foundation, tahun ini Ajinomoto kembali memberikan beasiswa untuk tahun ajaran 2023 kepada mahasiswa/i pascasarjana Indonesia yang terpilih untuk melanjutkan studi di 7 (tujuh) pilihan Universitas yang ada di Jepang.

Ajinomoto juga konsisten mengadakan rangkaian webinar yang dimulai dari bulan Juli hingga November 2021 dengan topik kesehatan dan pemanfaatan MSG dalam pemenuhan nutrisi. Ajinomoto terus menyebarluaskan fakta-fakta informatif tentang MSG yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk membuat menu makanan sehat, bergizi seimbang, dan tetap memiliki rasa yang lezat.

Lebih lanjut, MSG juga berperan sebagai cara untuk mengendalikan asupan garam dan tetap meningkatkan asupan gizi guna meningkatkan harapan hidup masyarakat Indonesia.

Konsisten dalam Melaksanakan Sistem Jaminan Halal

Memiliki komitmen dan konsistensi dalam menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) di semua pabriknya, Ajinomoto berhasil mempertahankan predikat A dan di tahun ini berhasil meraih penghargaan Halal Assurance System (“HAS Award 2021”) yang diselenggarakan pada 31 Mei 2021 oleh LPPOM MUI.


Keterangan foto: Indonesia Halal Industry Awards 2021 (IHYA) (dok. Ajinomoto)

Ajinomoto juga meraih penghargaan Corporate Achievement on Halal Innovation Award pada Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2021 yang diadakan oleh Kementerian Perindustrian RI pada 17 Desember 2021. Penghargaan tersebut sangat berarti bagi kemajuan Manajemen Halal PT AJINOMOTO INDONESIA dan memberikan motivasi serta kebanggaan bagi perusahaan untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat dan pelanggan sebagai prioritas utama.

“Kami selalu mendukung keluarga Indonesia untuk menciptakan kegembiraan dalam memasak dan makan bersama, yang bisa juga meningkatkan kedekatan keluarga dan meningkatkan semangat untuk esok hari. Aplikasi dari asam amino yang merupakan fokus utama kami dapat membantu menciptakan makanan lezat, mendukung pertumbuhan, perkembangan, pemulihan dan mendukung kesehatan fisik masyarakat Indonesia. Melalui ini, kami percaya bahwa keluarga Indonesia dapat tumbuh bahagia, sehat dan akan menjadi bangsa yang kuat. Kami berharap seluruh keluarga Indonesia hidup sehat dan bahagia, dengan Eat well & Live well", tutup Matsumoto di akhir pembicaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

AJINOMOTO
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top