Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Obligasi Berkelanjutan Indonesia Eximbank Raih Peringkat idAAA

Obligasi Indonesia Eximbank yang akan segera jatuh tempo memperoleh peringkat idAAA dari Pefindo.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 25 Desember 2021  |  15:40 WIB
Indonesia Eximbank - Bisnis
Indonesia Eximbank - Bisnis
Bisnis.com, JAKARTA — Obligasi berkelanjutan milik Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau LPEI memperoleh peringkat idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo.
Analis Pefindo Danan Dito dan Hanif Pradipta menegaskan peringkat idAAA untuk Obligasi Berkelanjutan III Tahap IV Tahun 2017 Seri C milik LPEI. Obligasi senilai Rp748 miliar itu akan jatuh tempo pada 23 Februari 2022.
Menurut keduanya, peringkat idAAA diperoleh LPEI, yang dikenal sebagai Indonesia Eximbank karena kondisi keuangannya. Pada September 2021, perseroan mencatatkan aset Rp89,1 triliun dengan ekuitas Rp25,03 triliun.

"Kesiapan perusahaan untuk melunasi obligasi yang akan jatuh tempo didukung oleh aset likuid dalam bentuk giro pada Bank Indonesia dan bank lain, serta penempatan pada bank lain, sebesar Rp15,6 triliun pada akhir September 2021," tulis Dito dan Hanif dalam keterangan resmi, dikutip pada Sabtu (25/12/2021).
Keduanya menjelaskan idAAA merupakan peringkat tertinggi dari sebuah efek utang. Hal tersebut mencerminkan kemampuan obligor, dalam hal ini Indonesia Eximbank, untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang terkait.
Indonesia Eximbank atau LPEI merupakan lembaga keuangan khusus yang berfungsi untuk mendukung program ekspor nasional melalui fasilitas pembiayaan, penjaminan, dan/atau asuransi, baik secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah.
Secara korporasi, Indonesia Eximbank memperoleh peringkat idAAA dari Pefindo dengan prospek stabil. Peringkat dan prospek itu bertahan sejak Juni 2017, artinya LPEI mampu menjaga performanya dalam menjaga tanggung jawab pemenuhan kewajiban.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi indonesia eximbank lpei
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top