Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Arwana Citramulia (ARNA) Percaya Diri Bersaing dengan Produk China

Harga keramik dari China lebih tinggi dibandingkan milik emiten berkode saham ARNA ini.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 29 November 2021  |  23:00 WIB
Arwana Citramulia (ARNA) Percaya Diri Bersaing dengan Produk China
Produksi keramik PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA) - Dok.Perusahaan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA) percaya diri bersaing dengan produk keramik asal China yang membanjiri pasar Indonesia.

Direktur Utama Arwana Citramulia Tandean Rustandy mengatakan, produk keramik impor yang masuk ke Indonesia tidak bisa bersaing dengan produk milik perseroan. Pasalnya, harga keramik dari China lebih tinggi dibandingkan milik emiten berkode saham ARNA ini.

"Boleh dibandingkan dengan China, harga mereka tinggi, harga kami rendah," kata Tandean dalam wawancara akhir tahun ARNA, di Jakarta, Senin (29/11/2021).

Dia melanjutkan, selain China, produk keramik ARNA juga bersaing dengan India. Meski tanpa safeguard, lanjutnya, harga keramik impor tersebut tidak bisa bersaing dengan milik Arwana.

Sebagai informasi, negara eksportir utama ubin keramik Indonesia paling banyak berasal dari China dengan jumlah 67 persen, dari total 1,2 juta ton impor tahun 2020.

Adapun untuk menekan impor ubin keramik ini, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 156/2021 tentang Pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan terhadap Impor Produk Ubin Keramik.

PMK ini diterbitkan setelah adanya laporan dari pemohon PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA), PT Muliakeramik Indahraya, PT Jui Shin Indonesia, PT Asri Pancawarna, dan PT Angsa Daya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arwana citramulia Kinerja Emiten emiten keramik
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top