Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelemahan Wall Street Berpotensi Tekan IHSG, Cek BSDE hingga ASII

NH Korindo Sekuritas merekomendasikan beberapa saham seperti ERAA, BSDE, MPPA dan ASII.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 18 November 2021  |  08:19 WIB
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (29/6/2021). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (29/6/2021). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini berpotensi masuk ke zona merah terseret sentimen dari bursa global termasuk pelemahan bursa saham Amerika Serikat (AS). 

Analis NH Korindo Sekuritas Dimas Pratama mengatakan investor tengah mencermati dampak dari kebijakan pengetatan aktivitas di wilayah Eropa akibat kembali naiknya angka kasus Covid-19. Sementara itu, harga minyak mentah kembali turun ke level terendah dalam enam minggu terakhir, di tengah kekhawatiran sentimen jumlah pasokan yang melebihi permintaan.

"Dari bursa domestik, penguatan IHSG berlanjut pada kemarin dengan kenaikan 0,37 persen di tengah aksi jual bersih asing sebesar Rp824 miliar. Pelaku pasar akan menunggu hasil pengumuman Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia," katanya dalam riset harian Kamis (18/11/2021).

Dia memproyeksikan BI akan tetap menahan tingkat suku bunga acuan. Adapun pergerakan IHSG hari ini berpeluang untuk mengalami koreksi secara teknikal pada rentang 6.626-6.710.

Dimas merekomendasikan beberapa saham seperti ERAA, BSDE, MPPA dan ASII.

Sementara itu, Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang mengatakan PPKM level 3 yang berlaku di seluruh Indonesia pada masa libur Natal dan Tahun BAru akan berdampak pada sejumlah sektor. Terutama sektor pariwisata termasuk didalamnya ada hotel, tempat wisata, restauran, klub, dan tempat oleh-oleh. Di luar itu ada pula sektor transportasi darat, laut dan udara serta sektor retail. 

Meski demikian secara teknikal beberapa indikator seperti RSI, MACD, dan STOCH masih menunjukkan status beli bagi IHSG. Edwin memperkirakan indeks komposit hari ini akan bergerak pada rentang 6.633 - 6.709.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG rekomendasi saham prediksi ihsg
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top