Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: IHSG Sempat Rekor hingga Diplomasi Cendol & Mafia Pelabuhan

BisnisIndonesia.id menyajikan informasi menarik sepanjang Jumat (12/11/2021) di antaranya IHSG ditutup di zona merah pada perdagangan, padahal sempat menembus all time high di level 6.700 pada awal perdagangan.
Bursa Efek Indonesia./Antara/Dhemas Reviyanto
Bursa Efek Indonesia./Antara/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di zona merah pada perdagangan Jumat (12/11/2021). Padahal pada awal perdagangan, indeks acuan tersebut sempat menembus all time high di level 6.700.

Berita itu menjadi salah satu dari lima berita pilihan Bisnisindonesia.id sepanjang Jumat (12/11/2021) selain perkembangan rencana investasi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. atau Emtek, melalui PT Indonesia Entertainment Group, di RANS Entertainment.

Ada pula informasi mengenai diplomasi cendol ketika Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu Menlu Inggris Elizabeth Truss serta survei calon presiden 2024 yang menunjukkan bahwa popularitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo teratas.

Informasi mengenai Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin merespons wacana pemberantasan mafia pelabuhan yang dilontarkan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan juga menarik untuk diikuti.

Selain itu, beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik tersaji di meja redaksi Bisnisindonesia.id.

Berikut ini adalah intisari setiap berita pilihan:

1. IHSG Sempat Capai Level Tertinggi, Tapi Berakhir di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di zona merah pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia Jumat (12/11/2021), padahal pada awal perdagangan, indeks acuan tersebut sempat menembus all time high di level 6.700.

Akan tetapi, IHSG berakhir melemah 40,28 poin ke 6.651,05. Sepanjang Jumat kemarin, IHSG bergerak dalam rentang 6.646,31-6.714,15. Tercatat 212 saham di zona hijau, 304 saham terkoreksi, dan 155 saham bergerak stagnan pada akhir perdagangan. Di sisi lain, investor asing justru melakukan kasi jual bersih hingga mencapai Rp341,97 miliar.

Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) menjadi yang paling banyak dilepas asing dengan nilai net foreign sell Rp85,3 miliar. Kemudian, saham PT Bank Jago Tbk. (ARTO) yang dijual asing Rp77,6 miliar. Diikuti saham PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) yang diobral asing Rp33,5 miliar.

2. Menengok Manuver EMTK Usai Investasi di RANS Entertainmet

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. atau Emtek melalui PT Indonesia Entertainment Group, akan berinvestasi Rp248 miliar di RANS Entertainment. Emiten dengan kode EMTK itu pun membidik pendapatan dari konten-konten digital yang diproduksi oleh RANS Entertainment milik artis Raffi Ahmad.

Indonesia Entertainment Group merupakan cucu usaha dari EMTK dan anak usaha dari PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA). SCMA menaungi dua saluran TV nasional, yaitu Surya Citra Televisi (SCTV) dan Indosiar Visual Mandiri (Indosiar).

Investasi sebesar Ro248 miliar tersebut bakal disetor secara bertahap untuk kepemilikan saham berkisar 17% pada RANS Entertainment.

3. Diplomasi Kuliner, Cendol Elizabeth Tarik Minat Menlu Inggris

Cendol adalah salah satu makanan khas Bandung dan cendol Elizabeth adalah brand terkenal di Kota Kembang. Uniknya, pada Jumat (12/11/2021) cendol Elizabeth disajikan dalam pertemuan Gubernur Jabar dan Menlu Inggris Elizabeth Truss.

Cendol adalah makanan yang terbuat dari tepung dan disajikan dengan es batu, santan, gula merah, serta daun pandan sebagai pewangi. Paling enak disantap di siang hari, saat matahari terik, cendol Elizabeth dihadirkan sebagai bagian dari diplomasi kuliner untuk menjami Menlu Inggris. 

Diplomasi cendol pun mewarnai kunjungan Menlu Inggris Elizabeth Truss ke Kota Bogor. Cendol Elizabeth menjadi jamuan istimewa dalam pertemuan antara Pemda Provinsi Jabar dan Pemerintah Inggris.

4. Survei Capres 2024, Popularitas Prabowo & Ganjar Teratas

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ini menempati dua posisi teratas kandidat calon presiden 2024. Sementara itu, di "papan bawah", Ketua DPR Puan Maharani mulai menyalip Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Hasil media monitoring terhadap 20 media online nasional yang dilakukan dengan metode purposive sampling menunjukkan fenomena tersebut. Media monitoring dilakukan Archi Research & Strategic dengan menganalisis semua berita yang berkaitan dengan kata kunci “capres” pada rentang 1 hingga 7 November 2021.

5. Basmi Mafia Pelabuhan, Jaksa Agung Minta Anak Buah Gelar Operasi

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin merespons wacana pemberantasan mafia pelabuhan yang dilontarkan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dengan langsung memerintahkan jajarannya untuk menindak tegas para mafia pelabuhan yang membuat biaya logistik semakin tinggi.

Top 5 News Bisnisindonesia.id: IHSG Sempat Rekor hingga Diplomasi Cendol & Mafia Pelabuhan

Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta./Reuters

Jaksa Agung menegaskan jika mafia pelabuhan tidak segera diproses hukum, selain biaya logistik terus naik, proses bisnis dan investas pun terganggu. Hal itu juga menekan minat investor.

Dia mengemukakan mafia pelabuhan mengakibatkan berkurangnya lapangan pekerjaan dan daya beli masyarakat menjadi rendah.

Selamat membaca!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper