Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sukuk Tabungan ST008 Rilis, KoinWorks Ungkap Potensi Keuntungan

Sukuk Tabungan ST008 yang ditawarkan mulai Senin (1/11/2021) memiliki kupon 4,8 persen. Nilai ini jauh lebih tinggi dari bunga deposito bank pemerintah yang ditawarkan saat ini.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 31 Oktober 2021  |  22:14 WIB
Sukuk Tabungan ST008 Rilis, KoinWorks Ungkap Potensi Keuntungan
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks. Kamis (20/2 - 2020).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – KoinWorks, salah satu mitra distribusi Sukuk Tabungan (ST) seri ST008 optimistis dapat membukukan pertumbuhan penjualan dibandingkan seri sebelumnya.

Jonathan Bryan, CMO platform peer-to-peer lending KoinWorks mengatakan ST008 masih diburu investor ritel seiring dengan kondisi pasar yang tidak jauh berbeda dengan penjualan SBN Ritel sebelumnya.

Dia mengatakan pada penjualan ORI020 yang sukses dengan kupon yang tidak jauh berbeda, pihaknya tetap optimistis penjualan ST008 ini akan tetap laris manis.

“Penetapan kupon ini tentunya sudah menyesuaikan dengan perkembangan pasar. Kita berharap untuk ST008 ini bisa naik dua kali lipat pertumbuhannya,” jelasnya saat dihubungi Jumat (29/10/2021).

Meski demikian dia mengakui dibandingkan dengan kupon ST seri sebelumnya, yaitu ST007, sebesar 5,5 persen, kupon ST008 sebesar 4,8 persen ini memang lebih rendah.

Jonathan membandingkan kupon ST008 sebesar 4,8 persen masih lebih tinggi dibandingkan dengan bunga deposito bank besar yang hanya mencapai 2 persen hingga 3 persen. Selain itu, pajak yang dikenakan pada surat utang ritel juga lebih rendah.

“Pajak deposito biasa dapat mencapai 20 persen, sementara pajak obligasi hanya 10 persen. Oleh karena itu, ST008 masih tergolong menarik sebagai pilihan instrumen investasi yang menguntungkan bagi investor,” jelas Jonathan.

Adapun, strategi KoinWorks untuk mencapai target penjualan ST008 yakni dengan memperbanyak edukasi dan sosialisasi ST008 bekerjasama dengan DJPPR dan universitas dalam bentuk webinar. Nantinya jalannya webinar ini akan diunggah pada laman YouTube agar dapat menjangkau publik lebih luas.

Selanjutnya, KoinWorks melakukan promosi melalui media sosial, newsletter, blog, dan aplikasi KoinWorks secara rutin. Terakhir, KoinWorks juga menawarkan promo berupa voucher KoinRobo Extra Rate sebesar 5 persen untuk pembelian ST008.

Sebelumnya, Direktur Pembiayaan Syariah DJPPR Kementerian Keuangan Dwi Irianti mengatakan penawaran ST008 akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yakni mulai besok 1 November 2021.

Dwi mengatakan pihaknya optimistis animo masyarakat terhadap ST008 akan tetap besar. Hal ini seiring dengan tingkat likuiditas domestik yang masih cukup melimpah.

Selain itu, ST008 merupakan seri green sukuk ritel yang dananya akan digunakan untuk mendukung penyelamatan bumi.

Walau demikian, Dwi perkirakan jumlah penjualan ST008 tidak akan sebesar seri-seri SBN yang ditawarkan sebelumnya. Hal tersebut mengingat sifat ST008 yang tidak dapat diperdagangkan atau non tradeable.

“Selain itu, target pemerintah untuk seri ini juga tidak akan terlalu besar,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG sukuk surat utang kemenkeu
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top