Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tencent Jadi Investor Baru MD Pictures FILM

Manajemen MD Pictures antusias menyambut Tencent sebagai investor baru di FILM.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 21 Oktober 2021  |  17:20 WIB
(kiri-kanan). Lesley Simpson, Country Manager WeTV iflix; Angga Yunanda, aktor; Manoj Punjabi, President Director MD Pictures; Syifa Hadju, aktris; Monty Tiwa, Sutradara berfoto bersama usai syukuran dimulainya produksi film serial Kisah Untuk Geri di Gedung MD Place, Jakarta (1 - 10). Pada Oktober 2020 FILM luncurkan 5 premier eksklusif. Istimewa
(kiri-kanan). Lesley Simpson, Country Manager WeTV iflix; Angga Yunanda, aktor; Manoj Punjabi, President Director MD Pictures; Syifa Hadju, aktris; Monty Tiwa, Sutradara berfoto bersama usai syukuran dimulainya produksi film serial Kisah Untuk Geri di Gedung MD Place, Jakarta (1 - 10). Pada Oktober 2020 FILM luncurkan 5 premier eksklusif. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten rumah produksi media, PT MD Pictures Tbk (FILM) mengumumkan kedatangan investor baru yakni Tencent Holdings Ltd., telah menjadi salah satu pemegang saham minoritas perusahaan.

Founder dan CEO MD Pictures Manoj Punjabi mengungkapkan investasi ini menunjukkan bahwa Tencent memiliki pandangan positif atas industri konten di Indonesia serta keyakinan kuat terhadap market leadership dan potensi pertumbuhan MD Pictures.

“Kami antusias menyambut Tencent sebagai investor baru di FILM. Investasi ini mencerminkan komitmen berkelanjutan Tencent sebagai perusahaan teknologi yang mutakhir untuk mengembangkan industri konten secara global,” urainya dalam keterbukaan, Kamis (21/10/2021).

Pada enam bulan pertama tahun 2021, angka penjualan berlipat ganda dari Rp56,8 miliar pada semester I/2020 menjadi Rp126,4 miliar pada periode yang sama 2021, atau tumbuh sebesar 123 persen secara setahunan.

Kontributor utama pada angka penjualan ini adalah kategori film yang menyumbang 89,3 persen dari total penjualan, yang pada semester ini tercatat sebesar Rp112,8 miliar atau tumbuh 165,4 persen dibandingkan Rp42,5 miliar pada tahun sebelumnya. Kategori film terdiri dari pendapatan dari digital, film bioskop, dan televisi.

Kontributor penjualan lainnya adalah sewa gedung dan sewa perlengkapan syuting. Sebagai bagian dari strategi pivot, MD Pictures membukukan pertumbuhan besar pada penjualan digital sebesar 443,9 persen dari Rp 19,6 miliar pada semester pertama tahun lalu menjadi Rp 106,6 miliar di periode yang sama tahun 2021.

Penjualan digital berkontribusi sebesar 94,5 persen dari penjualan film total dan 84,3 persen dari total penjualan.

Sejalan dengan era new normal akibat pandemi, penjualan televisi berlipat ganda, sementara penjualan film bioskop pada semester ini masih relatif rendah.

Dia menjelaskan pertumbuhan pesat pada penjualan yang didukung oleh kinerja kuat di kategori film digital mendorong MD Pictures untuk membalikkan kondisi keuangan yang sebelumnya mencetak kerugian sebesar Rp33,9 miliar pada tahun lalu menjadi Rp34,6 miliar pada enam bulan pertama tahun ini.

MD Pictures adalah salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia dan satu-satunya perusahaan film nasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) hingga saat ini dengan kode FILM.

Dengan sistem yang terintegrasi serta kecanggihan fasilitas yang mencakup seluruh mata rantai produksi, MD Pictures senantiasa siap menghibur, mendidik dan menginspirasi penonton, serta menjadi pelopor di industri film Indonesia melalui inovasi dan kolaborasi demi menghasilkan produk film yang bernilai tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi tencent md pictures
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top