Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonomi Pulih, Pefindo Sematkan Prospek Stabil 33 Perusahaan

Pendapatan perusahaan pada kuartal III/2021 bisa saja terdampak dengan adanya pembatasan untuk beberapa sektor seperti transportasi, restoran, dan pariwisata, namun akan membaik di kuartal IV/2021.
Annisa Saumi
Annisa Saumi - Bisnis.com 19 Oktober 2021  |  14:57 WIB
Karyawan berada di dekat monito pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (30/1). Bisnis - Nurul Hidayat
Karyawan berada di dekat monito pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (30/1). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mencermati ekonomi menunjukkan perbaikan pada semester I/2021, seiring dengan perubahan peringkat dan outlook perusahaan yang menunjukkan perbaikan dibanding periode sama tahun lalu.

Kepala Divisi Pemeringkatan Korporasi Pefindo Niken Indriarsih mengatakan, dari sisi outlook, Pefindo mempertahankan outlook stabil pada sebagian besar perusahaan.

"Ini secara umum mencerminkan perbaikan ekonomi. Ini seiring juga dengan program vaksinasi yang terjadi ya," kata Niken, dalam konferensi pers Pefindo, Senin (18/10/2021).

Akan tetapi, Niken melihat untuk kinerja kuartal III/2021 dengan penerapan PPKM Level 4, kemungkinan akan mempengaruhi kinerja perusahaan yang telah membaik di semester I/2021.

Dia memperkirakan pendapatan perusahaan pada kuartal III/2021 bisa saja terdampak dengan adanya pembatasan untuk beberapa sektor seperti transportasi, restoran, dan pariwisata. Sementara untuk kuartal IV/2021, Niken berharap kinerja perusahaan membaik secara bertahap.

"Seiring perbaikan ekonomi, tentunya diharapkan dari sisi kinerja secara bertahap membaik. Dari sisi outlook sebagian besar masih kami pertahankan stabil, walaupun beberapa negatif," ujar dia.

Adapun hingga September 2021, dari 54 pemeringkatan yang dilakukan, Pefindo mempertahankan 32 peringkat, dua perusahaan diturunkan peringkatnya, tiga perusahaan turun peringkat dan revisi outlook, dan 4 perusahaan direvisi outlooknya dengan peringkat yang masih dipertahankan. Lalu, satu perusahaan ditarik peringkatnya dan 12 pemeringkatan baru dilakukan.

Kemudian dari sisi outlook, sebagian besar perusahaan peringkatnya dipertahankan. Outlook stabil diberikan ke 33 perusahaan, outlook negatif ke 15 perusahaan, dan credit watch (C.W.) negatif ke tiga perusahaan.

Berdasarkan kategori peringkat, sebanyak 10 perusahaan memiliki peringkat idA, lalu 9 Perusahaan berkategori peringkat idBBB+, 5 perusahaan idAAA, dan 5 perusahaan berkategori idBBB. Lalu 5 perusahaan berkategori idBBB-, empat perusahaan berkategori idAA+ dan empat lainnya idAA-.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pefindo peringkat utang ekonomi indonesia
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top