Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lepas Saham EXCL ke Investor GoTo hingga MDKA, Ini Tujuan Grup Axiata

Ferrymount Investments Limited (FIL) akan menjadi pihak pembeli 5 persen saham EXCL yang dilepas Grup Axiata.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 27 September 2021  |  20:23 WIB
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Axiata Group melepas sahamnya sebesar 5 persen di PT XL Axiata Tbk. (EXCL) kepada Ferrymount Investments Limited (FIL). Ternyata, ini bagian dari upaya akselerasi bisnis digital EXCL.

"Axiata berpendapat bahwa pelepasan saham akan memberikan XL akses ke hal-hal terkait kemitraan bisnis antara Procap dan Tiga Investments, yang akan menempatkan XL dalam posisi pijakan operasional yang lebih baik dalam waktu dekat," jelas manajemen Grup Axiata, Senin (27/9/2021).

Lebih lanjut, pelepasan saham ini memfasilitasi pengakuan tepat waktu dari investor yang berfokus di Indonesia terhadap kinerja EXCL. Para investor tersebut mengakui nilai dan peluang EXCL di sektor telekomunikasi dalam negeri.

Axiata menyebut pemegang saham prinsipal Ferrymont yakni Procap dan Tiga Investments memiliki pengetahuan, pengalaman, kemitraan bisnis, dan investasi di Indonesia serta di pasar modal global yang sangat baik.

Pada saat yang sama, Procap dan Tiga Investment memiliki kaitan dengan ekosistem digital Indonesia yang memungkinkan EXCL untuk terlibat secara aktif. EXCL dapat mengembangkan lebih lanjut layanan digital dan nilai tambah untuk menawarkan basis saat ini sekitar 58 juta pelanggan, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna.

Direksi Axiata mengumumkan bahwa Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (AIISB), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki secara tidak langsung oleh Perusahaan, mengadakan perjanjian jual beli (SPA) dengan Ferrymount Investments Limited (FIL), Procap Partners Ltd (Procap) dan Tiga Investments Pte Ltd (Tiga Investments).

Pelepasan oleh AIISB atas 533.409.349 saham biasa di EXCL yang mewakili sekitar 5 persen kepemilikan ekuitas di XL kepada ketiga entitas tersebut dengan nilai transaksi Rp1,44 triliun.

Procap Partners Ltd (Procap) dan Tiga Investments Pte Ltd (Tiga Investments), bertindak sebagai penjamin akan menjamin tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali pelepasan saham oleh pembeli dari kewajibannya berdasarkan perjanjian jual beli.

Ferrymount Investments Limited adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Kepulauan Virgin Britania Raya. Procap Partners Ltd. dan George Raymond Zage III secara tidak langsung masing-masing memegang 2/3 persen dan 1/3 dari modal saham yang ditempatkan dan beredar dari Ferrymount.

Sementara, Procap adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum British Virgin Islands, dengan investasi di berbagai perusahaan yang berfokus pada teknologi yang berbasis di Indonesia dan Asia Tenggara, termasuk Provident Growth Fund dan GoTo Group.

Pendiri Procap juga memiliki berbagai investasi lainnya yang signifikan di Indonesia termasuk Tower Bersama dan Merdeka Copper Gold. Tiga pendiri dan pemegang saham Procap saat ini adalah Winato Kartono, Gavin Arnold Caudle dan Mr Hardi Wijaya Liong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham xl axiata merdeka copper Goto
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top