Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Usaha BNI Sekuritas di Singapura Raih Izin Operasi, Ini Targetnya!

Jumlah emiten yang besar dan beragam di Indonesia merupakan target pasar BSPL untuk membantu aksi penerbitan obligasi global emiten.
Kantor BNI/Istimewa
Kantor BNI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT BNI Sekuritas melalui anak usaha bisnis sekuritas di Singapura mendapatkan izin operasi dari Monetary Authority of Singapore.

Sekuritas yang telah berusia 26 tahun ini tengah bertransformasi menjadi sekuritas berskala global. Pada 8 September 2021, anak perusahaan, BNI Securities Pte. Ltd (BSPL) telah mendapat persetujuan dari Monetary Authority of Singapore untuk menjalankan bisnis layanan pasar modal di Singapura.

Dengan adanya izin operasi BSPL tersebut, maka BNI Sekuritas dapat menjalankan kegiatan layanan pasar modalnya di Singapore baik pada bisnis fixed income brokerage, equity brokerage maupun underwriting melalui BSPL.

Selanjutnya BSPL akan fokus untuk membantu BNI Group dan nasabah BNI mendapatkan akses ke investor global. Dengan beroperasinya BSPL di Singapore, maka hal ini juga membuat semakin kokohnya posisi Bank BNI sebagai Bank berskala Global yang dapat memberikan layanan perbankan dan pasar modal.

BNI Sekuritas telah menunjuk Leonard Ng sebagai CEO BSPL, yang merupakan bankir berpengalaman pada industri pasar modal internasional selama lebih dari 15 tahun dan pernah bekerja di beberapa perusahaan keuangan global.

Jumlah emiten yang besar dan beragam di Indonesia merupakan target pasar BSPL untuk dapat menerbitkan obligasi global.

"Obligasi Global dari perusahaan di Indonesia selalu menarik Investor karena saat ini supply Obligasi Global dengan denominasi non rupiah dari Perusahaan di Indonesia di pasar keuangan global masih relatif kecil," kata Leonard Ng dalam keterangan resmi, Senin (13/9/2021).

BSPL berlokasi di 30 Cecil Street #17-08 Prudential Tower Singapore (049712) atau di Gedung yang sama dengan Bank BNI Kantor Cabang Singapore.

Melalui BSPL, BNI Group akan menjadikan BSPL sebagai pusat kegiatan pasar modal internasional BNI, termasuk menyediakan akses bagi nasabah dan emiten ke global investor dengan fokus awal pada fixed Income brokerage atau perdagangan surat utang.

BNI Sekuritas adalah anak Perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang didirikan sejak tahun 1995. Saat ini BNI memiliki 75 persen kepemilikan saham pada PT BNI Sekuritas, sementara 25 persen saham dimiliki oleh SBI Financial Services Ltd.

BNI Sekuritas telah mempunyai izin sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, dan Agen Penjual Reksadana. Sedangkan aktivitas manajer Investasi dilakukan melalui anak Perusahaan PT BNI Asset Management.

Bisnis perantara pedagang efek melayani transaksi untuk saham, obligasi negara maupun obligasi korporasi. Dengan lebih dari 175 ribu akun, saat ini bisnis perantara pedagang efek BNI Sekuritas pada akhir Agustus 2021 menduduki peringkat ke-6 dari frekuensi transaksi saham dan peringkat ke-9 untuk volume transaksi saham.

BNI Sekuritas memiliki online trading platform yaitu BIONS, yang semakin dikenal oleh investor. Melalui BIONS, nasabah dapat melakukan transaksi saham, obligasi, reksadana dan juga EBA Ritel, yang saat ini eksklusif diperdagangkan melalui BIONS.

Selain itu, BIONS juga dirancang dengan antarmuka yang user friendly dan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti automatic order, login melalui sidik jari serta auto logout PIN saat idle, charting tools yang komprehensif dan news serta research.

Melalui BIONS, BNI Sekuritas akan fokus mengembangkan bisnis broker selain memperkuat posisi pada jaringan distribusinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper