Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Krakatau Steel (KRAS) Tambah Modal Anak Usaha Rp987 Miliar

Penambahan modal ini dilakukan dengan cara penyertaan saham perseroan di PT KHI Pipe Industries dan PT Krakatau National Resources (PT KNR).
Annisa Saumi
Annisa Saumi - Bisnis.com 13 September 2021  |  12:52 WIB
Karyawan PT Krakatau Steel Tbk. menyelesaikan pembuatan pipa baja disebuah pabrik di Cilegon, Banten. Bisnis
Karyawan PT Krakatau Steel Tbk. menyelesaikan pembuatan pipa baja disebuah pabrik di Cilegon, Banten. Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. (KRAS) melakukan penambahan penyertaan modal di anak usahanya, PT Krakatau Wajatama (PT KWT).

Penambahan modal ini dilakukan dengan cara penyertaan saham perseroan di PT KHI Pipe Industries dan PT Krakatau National Resources (PT KNR).

Corporate Secretary Krakatau Steel, Pria Utama mengatakan, PT KWT merupakan anak perusahaan KRAS dengan persentase kepemilikan saham 99,99 persen.

"Nilai penambahan penyertaan modal sebesar Rp987,12 miliar," kata Pria dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Senin (9/13/2021).

Sebagai informasi, PT Krakatau Wajatama didirikan pada tahun 1992. Saat ini, PT KWT  memproduksi produk berkualitas seperti deformed bar, plain bar, equal angle, channel, wide flange, H beam and I beam.

Pria menyebut, tujuan pelaksanaan penambahan modal ini dilakukan untuk mendukung penataan portofolio dalam rangka optimalisasi bisnis perseroan dan memperkuat bisnis solusi baja melalui koordinasi yang lebih intensif dalam satu entitas.

Selain itu, penambahan penyertaan modal ini juga bertujuan untuk agar PT KWT dapat berperan sebagai arm length yang handal bagi penjualan produk perseroan, maupun rantai pasok materialnya.

"Penambahan modal juga bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan kelincahan pengembangan bisnis solusi baja melalui penguatan produk hilirisasi," ujar dia.

Adapun setelah transaksi ini, kepemilikan saham KRAS di PT KWT bertambah, dari sebelumnya 99,99 persen menjadi 99,9999 persen. Kemudian, kepemilikan saham KRAS di PT KNR juga berubah dari 99,99 persen menjadi 0,001 persen.

Transaksi ini juga mengubah komposisi pemegang saham di PT KHI dan PT KNR. Saat ini, KRAS memiliki 0,00000002 persen saham di PT KHI, dengan sisanya sebanyak 0,5013 persen dimiliki PT Krakatau Tirta Industri dan 99,498 persen dimiliki PT KWT.

Sementara di PT KNR, saat ini KRAS memiliki 0,001 persen saham, dengan sisanya dimiliki oleh PT KTI sebanyak 0,001 persen dan PT KWT sebesar 99,998 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krakatau steel penambahan modal anak usaha
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top