Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Baturaja (SMBR) Optimistis Capai Target Penjualan, Ini Strateginya!

Keyakinan itu didorong oleh kemampuan perseroan menjaga pertumbuhan penjualan di wilayah Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung pada awal tahun ini.
Emiten semen PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Wisma Antara, Jakarta Pusat, hari ini Kamis (27/5/2021)./Dwi Nicken Tari
Emiten semen PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Wisma Antara, Jakarta Pusat, hari ini Kamis (27/5/2021)./Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten semen PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. optimistis target penjualan yang dipasang untuk tahun ini sebesar lebih dari 2,02 juta ton dapat tercapai.

Direktur Utama Semen Baturaja Jobi Triananda mengatakan keyakinan itu didorong oleh kemampuan perseroan menjaga pertumbuhan penjualan di wilayah Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung pada awal tahun ini.

“Wilayah Sumatera memiliki pertumbuhan semen positif dengan demand yang meningkatkan volume penjualan kami pada kuartal I/2021 sebesar 22 persen menjadi 452.931 ton,” kata Jobi, Kamis (27/5/2021).

Sebelumnya, emiten dengan kode saham SMBR ini mengatakan penjualan semen perseroan tahun ini ditargetkan tumbuh lebih dari 5 persen. Mengingat realisasi penjualan semen SMBR pada 2020 sebesar 1,93 juta ton, maka target kenaikan lebih dari 5 persen itu sama dengan lebih dari 2,02  juta ton.

Jobi melanjutkan bahwa perseroan sudah menyiapkan strategi untuk meningkatkan kinerja a.l. menyesuaikan kualitas produk dengan kebutuhan pelanggan, menjaga kontinuitas suplai seperti kesiapan armada angkutan hingga buffer stock di wilyah-wilayah penjualan strategis, dan meningkatkan penjualan produk turunan seperti white clay, semen mortar, beton porous dan lainnya.

Adapun, SMBR menyebut kenaikan APBN 2021 untuk sektor infrastuktur sebesar 47,3 persen menjadi Rp414 triliun membawa angin segar untuk industri semen Tanah Air. Belum lagi, proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini sebesar 4 persen - 5 persen juga menambah semangat perseroan akan periode yang lebih baik dibanding tahun lalu.

‘’Pemerintah telah memulai proyek-proyek strategisnya dan Semen Baturaja telah ikut serta dalam proyek strategis pemerintahan yang memberikan peluang bagi perseroan untuk meningkatkan volume penjualan dan mengatasi over supply semen,’’ imbuh Jobi.

Sejak awal tahun, SMBR sudah membidik sejumlah proyek infrastruktur dan gedung di wilayah pasar utama perseroan untuk menggenjot penjualan.

Sekretaris Perusahaan Semen Baturaja Doddy Irawan mengatakan sejumlah proyek mulai dari pembangunan jalan tol Trans Sumatera hingga pembangkit listrik sudah masuk dalam catatan perseroan.

“Proyek strategis yang didukung oleh Semen Baturaja, seperti proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumsel 8 di Muara Enim, pasokan dari SMBR sudah mencapai 103.000 ton dari estimasi kebutuhan 130.000 ton. Akan selesai tahun ini,” kata Doddy kepada Bisnis.

SMBR sudah memasok semen untuk proyek pembangunan lanjutan tol Trans Sumatera ruas Indralaya - Muara Enim sepanjang 65 kilometer yang membutuhkan 84.000 ton semen.

Proyek jalan tol ini diperkirakan selesai pada 2022 dan sejauh ini SMBR sudah memasok hingga 20.800 ton.

Beberapa proyek strategis lainnya yang sudah didapatkan SMBR a.l. perluasan pabrik noodle Tanjung Api-api milik PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. dan proyek PT OKI Pulp & Paper Mill untuk pengerjaan supply of ready mixed concrete.

Selain itu, SMBR juga aktif di proyek pembangkit listrik seperti di pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kerinci dengan daya 350 MW dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Lebong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper