Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arema FC Siap Listing di Bursa, Crazy Rich Malang Bakal Masuk?

Rencana IPO Arema FC sudah direncakan direksi beberapa tahun terakhir, tetapi tertunda karena kondisi pandemi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 05 April 2021  |  16:09 WIB
Pemain Arema FC mengangkat Piala merayakan gelar juara Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Jumat (12/4/2019). Arema FC berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan Persebaya dengan skor 2-0 pada final Leg 2. - ANTARA/Budi Candra Setya
Pemain Arema FC mengangkat Piala merayakan gelar juara Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Jumat (12/4/2019). Arema FC berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan Persebaya dengan skor 2-0 pada final Leg 2. - ANTARA/Budi Candra Setya

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) klub sepakbola di Tanah Air kembali berhembus dari Arema FC, klub sepak bola asal Malang, Jawa Timur.

Menurut Media Officer Arema FC Sudarmaji, rencana IPO klub berjuluk Singo Edan itu sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, rencana tersebut seharusnya direalisasikan pada April 2020, akan tetapi urung terlaksana akibat pandemi Covid-19.

“Rencana IPO ini sudah direncakan direksi beberapa tahun terakhir namun karena kondisi pandemi rencana ditunda, harapannya rencana IPO akan bisa berlanjut ditengah sepakbola kembali bergairah,” katanya kepada Bisnis, belum lama ini.

Arema FC diketahui sudah berkonsultasi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) Cabang Jawa Timur terkait rencana IPO. Jika tak ada aral melintang, saham klub kebanggaan warga Malang Raya itu sudah bisa diperjualbelikan di bursa pada tahun ini.

Rencana IPO Arema FC menurut Sudarmaji terinspirasi dari Bali United yang melantai di bursa lewat PT Bali Bintang Sejahtera Tbk. (BOLA) pada Juni 2019 silam.

Apa yang dilakukan oleh klub sepakbola asal Pulau Dewata itu menandakan bahwa sepakbola di Indonesia punya prospek cerah dari segi bisnis, tidak hanya sekadar olahraga atau tontonan bagi masyarakat.

Kabar tentang masuknya Arema FC ke lantai Bursa tak dikonfirmasi BEI. Namun, BEI menyebut satu klub yang bakal menjadi emiten baru pada 2021.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setya mengatakan beberapa klub bola di Indonesia telah menunjukkan minat untuk IPO.

Di sisi lain, juga santer terdengar rencana masuknya investor baru Arema FC. Nama Gilang Widya Pramana, seorang pebisnis perawatan kulit MS Glow dan bus pariwisata Juragan 99 muncul sebagai calon kuat bos baru Singo Edan.

Pengusaha yang kerap disebut sebagai Crazy Rich Malang itu sempat menyebut bahwa dirinya butuh waktu memikirkan plus dan minus mengambil kepemilikan Arema FC. Namun, hingga saat ini tidak diketahui bagaimana kabar kelanjutannya.

Adapun saat ini, perusahaan miliknya tercatat menjadi salah satu sponsor dari Arema FC. Gilang juga diketahui memberikan tiga unit bus miliknya kepada klub tersebut untuk keperluan operasional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa efek indonesia ipo sepakbola arema
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top