Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bitcoin Kembali ke US$40.000, Kapitalisasi Seluruh Cryptocurrency Tembus Rekor Baru

Kapitalisasi pasar lebih dari 6.000 koin digital yang dilacak oleh CoinGecko mencapai sekitar US$1,23 triliun.
Ilustrasi Bitcoin, cryptocurrency dengan aset terbesar./Bloomberg
Ilustrasi Bitcoin, cryptocurrency dengan aset terbesar./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bitcoin kembali menyentuh level US$40.000 pada Sabtu (6/2/2021), sekaligus mendorong kapitalisasi pasar cryptocurrency menyentuh rekor tertinggi baru.

Berdasarkan data Coin Market Cap, Bitcoin naik sebanyak 7,19 persen ke level US$40.415,53 pada Sabtu 14.21 waktu New York (Minggu 02.12 WIB) dan mendekati level tertinggi sepanjang masa nyaris US$42.000.

Sementara itu, kapitalisasi pasar lebih dari 6.000 koin digital yang dilacak oleh CoinGecko mencapai sekitar US$1,23 triliun.

Lonjakan ini terjadi setelah cryptocurrency kembali berfluktuasi pekan lalu, menyusul dukungan Elon Musk untuk Bitcoin dan lonjakan Ethereum, token terbesar kedua setelah Bitcoin.

Musk juga memposting tweet yang tidak langsung mengenai Dogecoin yang mendorong kapitalisasi pasarnya melewati US$6 miliar.

Perkembangan ini memberikan lebih banyak bukti terhadap penetrasi koin ke pasar arus utama. Para pendukung Bitcoin terkenal seperti Musk mengatakan bahwa Bitcoin mendapatkan penerimaan yang lebih luas di komunitas keuangan.

Di sisi lain, regulator meningkatkan peringatan bahwa volatilitas yang tinggi dari cryptocurrency dapat merugikan investor.

"Persepsi investor berada pada titik tertinggi sepanjang masa baik di tingkat ritel dan hedge fund," kata Jehan Chu dari Kinetic Capital, seperti dikutip Bloomberg.

Meski begitu, banyak investor masih memandang koin digital sebagai sektor yang berbahaya. Pernyataan tersebut digarisbawahi di AS, di mana pendiri dari dua hedge fund cryptocurrency yang berbasis di New York mengaku bersalah atas penipuan sekuritas.

Bitcoin, yang merupakan cryptocurrency dengan kapitalisasi terbesar, naik sekitar 24 persen minggu ini. Analis komoditas Bloomberg Intelligence Mike McGlone mengatakan Bitcoin diperkirakan berkonsolidasi sebelum menuju level US$50.000, yang akan mendorong kapitalisasi pasarnya menjadi US$1 triliun.

Sementara itu, reli harga Ethereum yang mencapai 8 kali lipat selama setahun terakhir menghadapi kemungkinan turbulensi dari peluncuran kontrak berjangka CME Group Inc. pada pekan depan.

Kontrak tersebut dapat membuka pintu bagi investor yang bearish. Ethereum sekarang berada pada level US$1.693 pada Sabtu pukul 14.00 waktu London.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper