Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos Pertamina Sebut Anak Usaha Pertamina Akan IPO Semester II/2021

Rencana itu bertujuan untuk meningkatkan transparansi, profesionalitas, dari unit usaha Pertamina.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 04 Februari 2021  |  17:28 WIB
Pekerja beraktivitas di RIG Maera saat pengeboran sumur di masa transisi alih kelola ke PT Pertamina Hulu Mahakam, di South Tunu, Blok Mahakam, Kalimantan Timur, Senin (7/8). - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Pekerja beraktivitas di RIG Maera saat pengeboran sumur di masa transisi alih kelola ke PT Pertamina Hulu Mahakam, di South Tunu, Blok Mahakam, Kalimantan Timur, Senin (7/8). - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menyebutkan bahwa BUMN itu akan membawa sejumlah anak usahanya ke lantai bursa pada pertengahan tahun ini.

Kendati belum disebutkan secara gamblang, Nicke menjelaskan bahwa rencana itu bertujuan untuk meningkatkan transparansi, profesionalitas, dari unit usaha Pertamina. Di samping itu, rencana tersebut guna menjaring pendanaan dari pasar modal.

“Pada triwulan tiga dan triwulan empat kami akan IPO [initial public offering] di salah satu unit bisnis kami dan bisa juga tingkatkan transparan dan profesionalitas dari unit usaha Pertamina ke depan,” ujarnya dalam acara Energy Outlook CNBC, Rabu (4/2/2021).

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan delapan sampai dengan 12 perusahaan pelat merah untuk melantai di bursa.

Dia menjelaskan bahwa Kementerian BUMN tengah mempersiapkan sejumlah BUMN termasuk anak cucu perusahaannya untuk masuk ke pasar modal melalui skema IPO.

Dia menargetkan sejumlah BUMN yang tengah ada dalam pipeline tersebut bisa melantai di bursa dalam kurun waktu 3 tahun ke depan atau hingga 2023 mendatang.

“Kita akan me-listing-kan lebih banyak BUMN lagi, anaknya atau cucunya. Di pipeline, ada 8—12 yang kita akan go public,” kata Erick.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina ipo anak usaha
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top