Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Usai Reshuffle Kabinet, Cermati Saham-saham Berikut Ini

Reshuffle kabinet yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dinilai bisa memberikan angin segar bagi pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG). Sejumlah saham layak dicermati karena disebut mendapat sentimen positif dari pergantian jajaran menteri.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  06:00 WIB
Karyawan beraktivitas di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (6/10/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (6/10/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah emiten diperkirakan bakal mendapat angin segar usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan reshuffle kabinet kemarin. Sentimen perombakan jajaran menteri pun dinilai bisa menjadi katalis positif bagi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini. 

Presiden Direktur Sucor Sekuritas Bernadus Wijaya mengatakan bahwa reshuffle kabinet membawa dampak positif bagi pasar karena hal ini menunjukkan respon pemerintah terhadap kinerja menteri-menterinya di tengah penanganan Covid-19.

“Efeknya akan sangat positif untuk mengembalikan kepercayaan investor akan pemerintah. Apalagi Menkes juga diganti,” ujar Bernadus kepada Bisnis, Selasa (22/12/2020).

Oleh karena itu, dia memperkirakan IHSG masih dapat menguat terbatas di penghujung tahun ini dengan target di level 6.150. Dia menambahkan saham PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) dan PT Media Nusantara Citra Tbk. ( MNCN) menarik untuk diakumulasi di sisa perdagangan tahun ini. Apalagi di tengah sentimen window dressing yang masih berlangsung.

Secara terpisah, Kepala Riset NH Korindo Sekuritas Indonesia Anggaraksa Arismunandar mengatakan bahwa nama baru di jajaran kabinet menteri dapat diterima baik dengan pasar.

“Ini terutama karena beberapa memiliki latar belakang sebagai pengusaha, professional, hingga mantan kepala BKPM [Badan Koordinasi Penanaman Modal] yang tentu sangat paham seluk beluk investasi,” ujar Anggaraksa kepada Bisnis, Selasa (22/12/2020).

Dia pun menilai ada beberapa saham terkait nama-nama Menteri baru yang berpotensi terdorong seperti PT Adaro Energy Tbk. (ADRO), PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), dan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG). Untuk diketahui, ketiga emiten ini dimiliki oleh PT Saratoga Investama Sedaya Tbk,perusahaan yang dimiliki oleh Sandiaga Uno,Menteri Pariwisata yang baru. 

Anggaraksa mengingatkan sentimen reshuffle kemungkinan sifatnya sementara, sehingga dalam jangka panjang investor hendaknya tetap memperhatikan prospek usaha dan fundamental perusahaan.

Anggaraksa memprediksi IHSG berpotensi bergerak pada rentang 5.950 hingga 6.175 pada akhir tahun, setelah mengalami reli yang cukup panjang dalam beberapa perdagangan terakhir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi IHSG rekomendasi saham Reshuffle Kabinet
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top