Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wall Steet Melejit Diterpa Sentimen Vaksin Covid-19, IHSG Bakal Nyusul Gak Nih?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal sudah masuk fase jenuh sehingga berpotensi koreksi pada perdagangan hari ini, Selasa 17 November 2020. Tapi, Wall Street ditutup menguat, bahkan indeks Dow Jones sempat menyentuh rekor. Ha ini jadi sentimen positif bagi pergerakan bursa di Asia.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 17 November 2020  |  05:03 WIB
Pengunjung mengambil gambar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/11/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Pengunjung mengambil gambar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/11/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan mengalami tekanan pada perdagangan hari ini, Selasa (17/11/2020) seiring dengan kemunculan sinyal jenuh di pasar. Namun, IHSG bisa saja kembali mencetak kenaikan menyusul Wall Street yang juga melejit menyambut sentimen positif dari perkembangan vaksin Covid-19.

Head of Research Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan secara teknikal IHSG sudah membentuk pola yang terkonsolidasi dengan bearish doji star yang sedang menguji resistance atau batas bawah penurunan harga. 

Dia menambahkan, indikator stochastic bergerak bearish potensi dead-cross pada area overbought. Indikator MACD bergerak bearish dengan histogram yang menurun divergence dengan MACD (Moving Average Convergence Divergence) dan signal line. 

“Indikator ADX [Average Directional Index] semakin memberikan sinyal kejenuhan pada tren positif jangka pendeknya sehingga kami perkirakan IHSG bergerak akan cenderung berat dengan support resistance 5.450-5.527,” tulisnya dalam laporan riset harian, Selasa (17/11/2020).

Reliance Sekuritas memberikan rekomendasi saham dari berbagai sektor untuk perdagangan hari ini, antara lain  ADRO, ANTM, ERAA, dan HRUM. Selanjutnya INCO, KLBF, MIKA, TBIG, dan TOWR.

Pada perdagangan kemarin, Senin (16/11/2020), IHSG ditutup menguat 33,81 poin atau 0,62 persen ke level 5.494,87. Kinerja tersebut melanjutkan tren positif sejak akhir pekan lalu yang mana menguat tipis 0,04 persen.

Sebelumnya, bursa saham Amerika Serikat atau Wall Street mencetak rekor tertinggi pada perdagangan Senin (16/11/2020).

Dilansir dari Bloomberg indeks S&P 500 ditutup menguat 0,94 persen ke level 3.618,94. Sementara itu indeks Dow Jones Industrial Average dan Nasdaq Composite masing-masing naik 1,6 persen dan 0,80 persen.

Pada perdagangan hari ini, indeks Dow Jones bahkan sempat menyentuh rekor di level 30.000 sebelum ditutup di level 29.950,44.

Wall Street terkerek setelah Moderna Inc melansir keampuhan vaksin Covid-19 yang disebut efektif 94,5 persen dalam analisis awal dari uji klinis tahap akhir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG wall street rekomendasi saham
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top