Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Mata Uang Terkuat di Dunia, Timur Tengah Mendominasi

Ini sepuluh mata uang terkuat di dunia. Jangan kaget, bukan hanya dolar yang mendominasi.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 12 November 2020  |  10:49 WIB
Karyawan menunjukan dolar AS di Jakarta, Rabu (11/11/2020). Nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Rabu (11/11) ditutup melemah 0,2 persen atau 27,5 poin ke level Rp14.085 per dolar AS. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Karyawan menunjukan dolar AS di Jakarta, Rabu (11/11/2020). Nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Rabu (11/11) ditutup melemah 0,2 persen atau 27,5 poin ke level Rp14.085 per dolar AS. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut Anda mata uang mana yang terkuat di dunia saat ini? Kebanyakan orang percaya bahwa pounsterling Inggris adalah mata uang paling mahal. Namun, sebenarnya ada beberapa mata uang yang lebih berharga.

Dilansir FXSSI, Kamis (12/11/2020) berikut daftar teranyar mata uang terkuat di dunia.

1. Dinar Kuwait

Satu dinar Kuwait sama dengan US$3,27 atau 2,78 euro. Kurs yang tinggi dari mata uangnya dipengaruhi ekspor minyak yang signifikan ke pasar global.

Kuwait adalah negara kecil dengan kekayaan luar biasa. Karena ekonomi berbasis minyak bumi yang stabil, produksi dan ekspor minyak yang sangat berkembang, Kuwait dianggap sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Lebih dari 80% pendapatan negara berasal dari industri minyak, karena produksi minyak bumi di sini paling mudah dan murah di antara negara lain.

Selain ekonominya yang sangat stabil, Kuwait adalah negara bebas pajak dengan tingkat pengangguran yang sangat rendah.

2. Dinar Bahrain

Satu dinar Bahrain dihargai US$2,66 atau 2,26 euro. Bahrain adalah negara kepulauan Teluk Persia dengan populasi lebih dari 1 juta orang. Seperti Kuwait, sumber pendapatan terbesar negara ini adalah ekspor minyak.

Menariknya, Dinar Bahrain dipatok dengan nilai tukar Dolar AS, dan nilainya terhadap Dolar AS tetap stabil sejak 2005.

3. Riyal Oman

Satu riyal Oman sama dengan US$2,60 atau 2,21 euro. Oman adalah sebuah negara di Semenanjung Arab. Berkat lokasinya yang strategis, negara ini memiliki ekonomi yang maju dan kualitas hidup yang tinggi. Hebatnya, daya beli mata uang ini begitu tinggi sehingga pemerintah harus mengeluarkan uang kertas seperempat dan setengah riyal.

4. Dinar Yordania

Satu dinar Yordania adalah US$1,41 atau 1,20 euro. Sulit untuk menjelaskan tingginya nilai Dinar Yordania. Negara ini tidak berkembang secara ekonomi, dan kekurangan sumber daya esensial, seperti minyak.Namun demikian, satu Dinar Yordania berharga US$1,41, yang menjadikannya salah satu dari 10 mata uang dunia terkuat.

5. Poundsterling Inggris

Satu poundsterling sama dengan US$1,31 atau 1,11 euro. Kebanyakan orang menganggap bahwa pounsterling adalah mata uang terkuat di dunia. Koloni Inggris mengeluarkan uang kertas mereka sendiri, yang secara visual berbeda dari uang kertas yang dikeluarkan oleh Bank of England. Yang mengherankan, penduduk asli Inggris tidak selalu ingin menerima poundsterling lain sebagai alat pembayaran.

6. Dolar Kepulauan Cayman

Satu dolar Kepulauan Cayman sama dengan US$1,22 atau 1,04 euro. Kepulauan Cayman adalah salah satu surga pajak terbaik di dunia. Pulau-pulau ini memberikan izin bagi ratusan bank, hedge fund, dan perusahaan asuransi.

7. Euro Eropa

Satu euro sama dengan US$1,19. Mata uang Euro telah menguat selama beberapa tahun terakhir. Ini memungkinkannya naik dalam daftar mata uang paling kuat. Sebagian, kekuatannya dijelaskan oleh fakta bahwa ini adalah mata uang dunia resmi di negara-negara Eropa, di antaranya Anda akan menemukan beberapa yang berkembang secara ekonomi.

8. Franc Swiss

Satu franc Swiss sama dengan US$1,10 atau 0,93 euro. Swiss bukan hanya salah satu negara terkaya di dunia, tetapi juga termasuk yang paling stabil. Sistem perbankannya telah lama dikenal dengan "kerahasiaan bank" yang sebelumnya tegas.

Selain itu, barang-barang berteknologi tingginya sangat terkenal di seluruh dunia.

9. Dolar AS

Karena kepemimpinan ekonomi dunia AS, mata uangnya mencapai gelar "Mata Uang Cadangan Dunia". Dengan kata lain, Anda dapat melakukan pembayaran dolar di mana pun.

10. Dolar Kanada

Satu dolar Kanada sama dengan US$0,75 atau 0,63 euro. Dolar Kanada adalah cadangan mata uang dunia terbesar kelima. Ini sering disebut "loonie" untuk menghormati burung yang digambarkan pada koin satu dolar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dolar as timur tengah euro mata uang
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top