Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Duh, Dana Asing Keluar dari Pasar Saham dan SBN Tembus Rp153 Triliun

Aksi jual investor yang yang melanda pasar modal negara berkembang turut dirasakan oleh Indonesia.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 02 November 2020  |  20:27 WIB
Pengunjung berjalan di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI)  di Jakarta, Jumat (25/9/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Pengunjung berjalan di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat (25/9/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Perbaikan beberapa indikator perekonomian baik global maupun domestik memberikan sentimen positif terhadap kinerja keuangan bahkan setelah asing keluar dari pasar saham Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan setelah sempat mengalami penurunan pada bulan September sebesar 7 persen month-to-date, Indeks Harga Saham Gabungan kembali menguat sebesar 5,3 persen ke level 5.128,2 hingga akhir sesi perdagangan bulan Oktober.

“Sejalan dengan yang terjadi di emerging market lainnya, investor non residen masih melakukan aksi jual bersih di pasar saham sebesar Rp3,7 triliun di Oktober, sehingga secara year-to-date tercatat Rp47,3 triliun aliran dana asing keluar,” terangnya dalam konferensi pers secara virtual pada Senin (2/11/2020).

Kendati demikian, di tengah tekanan arus dana keluar, terjadi peningkatan peran investor domestik, khususnya investor ritel.

Hal ini dinilai sejalan dengan program OJK untuk memperluas basis investor domestik yang diharapkan mampu menopang kinerja IHSG secara berkelanjutan.

Sementara itu, pasar SBN atau Surat Berharga Negara menguat dengan rata-rata yield di seluruh tenor turun sebesar 13,8 bps walaupun investor non-residen mencatatkan net-sell Rp22,7 triliun month-to-date dengan jual bersih sebesar Rp106,6 triliun year-to-date.

Penguatan pasar SBN ini didukung oleh peningkatan partisipasi sektor perbankan di pasar SBN di saat permintaan kredit belum kuat.

Secara total, dana asing yang keluar dari pasar saham maupun SBN sepanjang tahun ini hingga 26 Oktober 2020 mencapai Rp153,9 triliun. Berikut perinciannya dalam bentuk tabel bulanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG sbn OJK
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top